1 Syawal Jatuh pada Jumat 15 Juni, Selamat Idulfitri!

14 views

FAJAR.CO.ID — Sidang isbat penentuan Syawal 1439 Hijriah atau Hari Raya Idulfitri telah digelar beberap saat lalu, Kamis (14/6). Sidang yang dilakukan tertutup itu memutuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada Jumat (15/6).

Dalam keterangan pers usai sidang, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menyatakan, berdasarkan perhitungan hisab dan rukyat, semua peserta sidang sepakat menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018, dan Ramadan berakhir pada Kamis, 14 Juni.

“Maka dengan demikian, seluruh peserta sidang isbat sepakat dan juga setelah mendengarkan pertimbangan Ketua MUI maka sidang isbat tadi menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018,” kata Menteri Lukman di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Atas penetapan itu, maka Idulfitri 2018 yang ditetapkan pemerintah bersamaan dengan keputusan Muhammadiyah. Ormas Islam tersebut sebelumnya telah menetapkan 1 Syawal berlangsung pada Jumat 15 Juni 2018.

Pada pengujung Ramadan kali ini, ada 97 titik lokasi pemantauan hilal yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Di setiap titik, Kemenag mengutus petugas rukyatul hilal yang bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas.

Hasilnya, posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H dinyatakan sudah memenuhi persyaratan pergantian bulan.

“Sidang Isbat diawali pemaparan dari Tim Falaqiyah, yang melihat posisi hilal dari berbagai wilayah tanah air, bahkan dari berbagai negara di dunia,” kata Lukman.

“Ruqyatul Hilal di 97 titip di seluruh wilayah tanah air. Di Jawa Timur terbanyak dengan 23 titik. Sebelum sidang Isbat, setidaknya kami telah menerima 12 kesaksian dari para pelaku ruqyatul hilal yang bertugas di bawah sumpah, menyatakan telah melihat hilal. Maka dengan demikian Jumat 15 Juni kita melakukan salat Id,” jelasnya. (*/fajar)