2.018 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lautan Pasir Bromo

8 views

FAJAR.CO.ID, PROBOLINGGO – Ada pemandangan yang menarik di Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Selasa (14/8). Ribuan bendera merah putih berkibar di lautan pasir gunung yang jadi ikon Jawa Timur tersebut.

Total, ada 2018 bendera yang dipasang di wilayah ini. Even untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia itu melibatkan 1.700 orang se Kabupaten Probolinggo.

Mereka yang memasang bendera adalah masyarakat Tengger di Kecamatan Sukapura bersama elemen masyarakat lain di Kabupaten Probolinggo.

Ribuan bendera yang dipasang di Gunung Bromo merupakan gabungan dari para pengusaha pengelola hotel dan juga masyarakat setempat. Rencananya bendera ini akan dipasang selama satu minggu di lautan Pasir Gunung Bromo.

Kegiatan ini bertajuk Sumpah Merah Putih. Selain itu, juga dilakukan pembacaan sumpah merah putih.

Peserta pembacaan sumpah merah putih adalah warga Tengger, pelaku wisata, masyarakat umum, pelajar SD-SMA, dan polisi. Selain mengenakan baju adat Tengger, peserta juga mengenakan baju pramuka.

Camat Sukapura, Yulius Christian menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dengan membacakan sumpah nerah putih.

“Juga menegaskan bahwa kami menjunjung tinggi bhinneka tunggal ika,” kata Yulius, Selasa (14/8).

Kegiatan semakin meriah ketika dilakukan pertunjukan massal Tari Rerere. Tarian ini adalah kesenian khas Probolinggo. Total penari Rerere sebanyak 325 orang, terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA.

“Kami mengusung semangat cinta tanah air, Bhinneka Tunggal Ika, dan gotong royong dalam kegiatan ini,” kata dia.

Kegiatan sumpah merah putih di laut pasir Bromo tersebut merupakan pertama kalinya. (tik/JPC)