23 Event dan 16 Paket Wisata Siap Dijual di Pesona Wisata Ramadan 1439 H 

61 views

Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) punya cara sendiri untuk memanfaatkan Ramadhan 1439 H dan Libur Lebaran. Caranya dengan menyiapkan 23 event dan 16 paket wisata. Event dan paket tersebut tersebar di 10 provinsi.

Program Pesona Wisata Ramadan diluncurkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (18/5). Bidikannya, meredam tren penurunan wisatawan saat bulan Ramadhan.

“Untuk wisman tidak tergantikan, jumlahnya turun 50 persen. Oleh karenanya kita membuat banyak program. Terutama bagi wisman yang tidak sensitif dengan puasa. Kita jual paket tiga hari dua malam sekitar Rp 1 juta atau 100 dolars Singapura, menarik bukan?” kata Menpar Arief Yahya, di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta.

Ke-16 paket tersebut tersebar di 10 provinsi. Yaitu 3 Paket wisata di Provinsi Aceh, 3 Paket wisata di Provinsi Sumatera Barat (paket wisata Minangkabau – Bukit Tinggi, paket wisata Bukit Tinggi – Batu Sangkar dan paket promo hotel Bintang 5), 4 Paket wisata di Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Ramadhan Hot Deals, dengan tema relax, history, kuliner dan religi).

Di Jawa Barat juga tersedia 1 Paket wisata (Paket wisata Bandung Shopping Tour yang didukung oleh 10 hotel dengan memberikan harga special discount), lalu ada 3 Paket wisata di Provinsi Jawa Tengah. Kemudian 1  Paket wisata di Provinsi Jawa Timur dan yang terakhir, 1 Paket wisata di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Penawaran ini tentunya akan menarik wisatawan. Serta menjadi momen yang sangat tepat. Terutama untuk memperkenalkan wisatawan dengan berbagai atraksi khas Ramadan. Seperti wisata kuliner, seni tradisi, hingga event-event yang hanya digelar khusus selama bulan puasa,” ujar Menpar Arief.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri  Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata, Don Kardono, mengatakan, Pesona Wisata Ramadan juga bakal heboh di dunia maya. Caranya dengan menggelar berbagai lomba. Mulai dari lomba foto, video dan lomba vlog. Yang total hadiahnya mencapai Rp 80 juta.

“Untuk lomba foto, akan mengangkat tema aktifitas wisata bulan ramadan. Dengan kuncinya yaitu 3A, Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas yang ada di Indonesia. Jadi ini sifatnya untuk umum. Dan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diselegarakan pada tanggal 17 hingga 22 Mei dan sesi ke dua dilaksanakan pada 23 hingga 29 Mei.

Tidak hanya itu, lanjut Don Kardono, akan ada Top 10 Pesona Kuliner Lebaran, Top 10 Pesona Destinasi Lebaran, Top 10 Pesona Event. Gol-nya adalah mengeksplorasi 113 Daerah di 5 Provinsi. Yaitu Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, tentang 3 Pesona Lebaran.

“Timeline yaitu H-7 sampai H+5 lebaran. Dan Deadlinenya sudah diuploaded sejak H-8 sebelum lebaran, mulai dipromosikan. Kita akan viralkan dan memberikan guiden bagi wisatawan yang mudik ke 5 Provinsi dan 113 Kabupaten Kota tersebut. Mulai dari kuliner andalan, atraksi hingga destinasi andalan saat lebaran,” ujarnya.

Caranya mudah. Anda wajib follow akun instagram @kemenpar, Pesonaid_Travel dan @genpi.co. lalu saat apload jangan lupa sertakan taggar #Pesoaid_Travel #PesonaRamadan2018 #PesonaIndonesia dan #GenPI.

Incoming search terms: