3.830 Peserta Tes CAT CPNS Gowa Hanya 41 Dinyatakan Lulus

2 views

FAJAR.CO.ID, GOWA – Dari hasil pelaksanaan tes CAT (computer assisted test) untuk peserta CPNS Gowa yang berlangsung di RRI Makassar, selama dua hari Minggu dan Senin (4-5/11/2018) hanya 41 orang yang lulus dari jumlah peserta 3.830 orang.

Jumlah kelulusan ini sangat rendah dari 257 formasi kuota Kabupaten Gowa yang terdiri atas tenaga kependidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis dan honorer kategori 2 (K2).

“Ini seleksi yang mengandalkan kemampuan dan kompetensi calon. Ini murni perjuangan masing-masing peserta dan tergantung rejekinya juga. Jadi ini murni tidak ada titip-titipan,” jelas Kepala BKPSDM Gowa Muh Basir didampingi Kasubid Formasi dan Pengadaan Pegawai Arham di ruang kerjanya, Selasa (6/11).

Dikatakan Basir jika berdasarkan hasil CAT itu maka kelulusan yang ada hanya 41 orang saja. Namun itu pun masih akan menjalani TKB atau tes kompetensi bidang.

Dari kategori penilaian tes kompetensi dasar atau TKD yang meliputi TIU (tes intelejensi umum), TWK (tes wawasan kebangsaan), TKP (tes kompetensi kepribadian) kemudian berlanjut TKB (tes kompetensi bidang). TKB ini merupakan tes final kelulusan.

Sebelumnya selama dua hari 3.830 peserta CPNS Gowa mengikuti ujian CAT dengan dibagi dalam lima sesi. Masing-masing sesi berjumlah 720 orang.

Dari akumulasi nilai yang dihasilkan para peserta rata-rata gagal di TKP atau tes kompetensi kepribadian yang meliputi psikotes dan lainnya.

“Terkait hasil seleksi CPNS ini, kami akan umumkan secara resmi dalam waktu dekat,” jelas Basir. (saribulan)