30 Sat Pol PP Cantik Ditugaskan Anies Tutup Hotel Alexis

3 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas puluhan pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta untuk menutup secara resmi Hotel Alexis di Jalan RE Martadinata 1, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (29/3). Pasukan seluruhnya perempuan berjumlah 30 orang.

Pantauan JawaPos.com, mereka tiba di Balai Kota DKI Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB mengendarai mobil dinas Satpol PP. Petugas perempuan yang mayoritas berhijab itu langsung merapikan barisan di pendopo Balai Kota menunggu kehadiran Anies.

Anies mengatakan, pengerahan pasukan tersebut sebagai wujud penegakan peraturan daerah (Perda) yang telah dilanggar oleh tempat hiburan malam tersebut. Dirinya ingin penegakan hukum dilakukan dengan cara yang terhormat.

“Kita memiliki tanggungjawab untuk menegakkan Perda dan amanat untuk menegakkan Perda ini amanat dari rakyat untuk dikerjakan sebaik-baiknya. Karena itu aspek mendasar adalah caranya. Menegakkan aturan, hukum, dilakukan dengan cara-cara yang benar dan terhormat,” ujar Anies di hadapan pasukan di Balai Kota, Kamis (29/3).

Setelah pidato Anies, 30 petugas yang mengenakan seragam Satpol PP berwarna hijau tua itu memasuki mobil yang terparkir di kompleks Balai Kota. Terlihat lima orang dari pasukan perempuan menyetir sendiri mobil tersebut.

Anies menyalami satu per satu dari mereka. Dia pun sempat melambaikan tangan dan mengucapkan hati-hati agar mereka sukses dalam menjalankan tugas.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berpesan agar tugas dijalankan dengan hormat dan menghindari konflik. “Menegakkan aturan menggunakan wewenang tapi tidak harus menggunakan kekuatan. Pastikan keputusan dijalankan dengan baik, hindari konflik yang tidak perlu,” pungkasnya.

Hotel Alexis berada di bawah manajemen PT Grand Ancol Hotel resmi ditutup pada Rabu (28/3). Sebelumnya, Anies memberikan ultimatum kepada enam usaha yang berjalan di hotel tersebut sejak Jumat (23/3). (Fajar/JPC)