36 ASN Meninggal Dalam Bencana Gempa dan Tsunami Sulteng

8 views

FAJAR.CO.ID, PALU – Sebanyak 36 Aparatur Sipil Negara (ASN) meninggal dunia pada bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng). Data tersebut dikumpulkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulteng selama dua minggu terakhir.

Kepala BKD Sulteng, Zubair mengatakan, laporan itu berdasarkan daftar hadir Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemprov. Dari 48 OPD, hanya 28 yang mengisi daftar hadir.

“Pendataan terhadap dampak bencana masih terus dilakukan oleh tim BKD dan diharapkan kepada seluruh kepala OPD untuk memerintahkan Kasubag Kepegawaian masing-masing agar mendata para ASN yang menjadi korban dan melaporkan ke BKD,” terang Zubair melalui keterangan resminya, Kamis (11/10).

ASN yang menjadi korban lanjut Zubair akan dijamin melalui asuransi pensiun. “Kami ada kerjasama dengan PT Taspen. Jadi sekarang PT Taspen menerima kebutuhan ASN yang meninggal akibat bencana dan sesegera mungkin akan dibayarkan dana taspennya,” tambah Zubair.

Zubari berharap agar pihak keluarga yang menjadi korban segera melapor ke BKD. Keluarga korban bisa menyertakan data tertulis untuk kebutuhan pengusulan pensiun ke BKN. “Dan terkait dengan surat keputusan baik saat pengangkatan pegawai sampai meninggal dunia, datanya ada di BKD karena kami punya data digitalnya,” jelasnya.

(rul/JPC)