Ajak Istri Nonton Konser K-pop, Bukti Kim Jong-Un Sudah “Zaman Now”

31 views

Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol Ju, berada di antara ratusan orang yang menyaksikan konser bersejarah 11 artis K-pop dari Korea Selatan di Pyongyang, Minggu (1/4/2018).

================

INI adalah pertama kalinya pemimpin Korea Utara menyaksikan langsung pertunjukan artis dari Korsel di dalam negeri.

Diberitakan Reuters, cucu pendiri Korea Utara Kim Ill Sung itu terlihat puas dengan penampilan para artis. Dia beberapa kali bertepuk tangan mengikuti irama lagu.

Kim dan istri juga menyempatkan berfoto bersama para artis usai konser.

Konser “luar biasa” tersebut berlangsung selama dua jam dan diisi artis-artis top Korsel. Mereka di antaranya, Cho Yong-pil, Lee Sun-hee, Yoon Do-hyun, Baek Ji-young, dan girl band Red Velvet.

Acara bertajuk “Musim Semi Telah Tiba” ini digelar dalam rangka memperbaiki hubungan kedua negara yang jadi musuh bebuyutan sejak perang saudara membuat Korea terpecah jadi dua negara pada 1950 silam.

Anggota SNSD, Seohyun, sempat membawakan lagu pop Korea Utara berjudul Blue Willow Tree. Sementara penyanyi senior Cho Yong-pil membawakan sejumlah lagu lawas yang sudah populer di Korut.

“Beliau (Kim Jong Un) sangat antusias sepanjang pertunjukan dan banyak bertanya tentang lagu dan lirik,” ujar Menteri Kebudayaan Korsel, Do Jong-whan, yang mendampingi rombongan artis kepada wartawan usai pertunjukan.

Jelas saja, kehadiran artis-artis k-pop untuk menghibur negara tetangga menguatkan soal keinginan kedua bangsa untuk mengakhiri perseteruan yang sudah bertahun-tahun berlangsung, menyusul keinginan Korut untuk menyetop proyek nuklir mereka. Juga, hal ini memberitahukan kepada dunia bahwa Korut yang sekarang tidak lagi tertutup pada kebudayaan dan hal-hal yang berbau asing.

Tak kalah penting, Kim Jong-un selaku pemimpin Korut makin di depan membawa negaranya menyambut “zaman now” yang setiap detik berpacu dengan kemajuan teknologi dan informasi. Tidak lagi terkungkung dala kotak masa lalu. (reuters/dil/jpnn/fajar)