Akademisi Sebut Keputusan SYL Dukung IYL-Cakka Sangat Tepat

13 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kalangan akademisi mengomentari sikap dukungan resmi Syahrul Yasin Limpo ke pasangan Ichsan Yasin Limpo- Andi Mudzakkar di Pilgub Sulsel.

Mereka menganggap, keputusan Gubernur Sulsel dua periode itu merupakan langkah yang sangat tepat. Mengingat, selain faktor kedekatan, juga IYL dan Cakka sudah matang di pemerintahan.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto menilai, pilihan sikap SYL untuk mendeklarasikan dukungan terbuka terhadap duet yang dikenal komitmen, tegas dan merakyat itu merupakan hal yang wajar.

“Apalagi pasangan ini mungkin dianggap paling mampu menginternalisasi nilai-nilai kemajuan dan prestasi kepemimpinan SYL,” kata Luhur, Senin (9/4/2018).

Selain itu, IYL selama ini memang menjadi perumus strategi Syahrul YL selama dua periode memimpin Sulsel. Dan itu tergolong sukses dan jitu.

“Apalagi figur IYL memang adalah Man of strategy di setiap operasi-operasi elektoral pemenangan SYL selama ini. Soliditas keluarga YL sudah teruji untuk kerja-kerja elektoral,” ucapnya.

Luhur menilai, sejauh ini, SYL sebenarnya sudah memberikan dukungan, meskipun tidak secara terbuka. Baginya, SYL selama ini cukup elegan menjaga posisinya sebagai gubernur, untuk tidak menunjukkan keberpihakan secara terbuka.

“Adapun soal perbedaan dukungan dengan Nasdem, saya kira menjadi bagian dari kompromi yang dibangun di SYL sebelum bergabung. Elit Nasdem mungkin bisa memahami pilihan sikap seperti itu,” ucapnya. (*)