Akun Twitter Cak Imin Diblokir

23 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Akun twitter Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin), diblokir. Apa sebabnya?

Dalam pantauan redaksi, Rabu (22/8), akun twitter @cakiminNOW milik Muhaimin Iskandar diberi tulisan “account suspended”. Belum jelas dari kapan akun tersebut ditutup oleh Twitter.

Twitter Indonesia menyatakan tidak bisa memberi komentar spesifik terhadap tiap akun individu. Namun Twitter Indonesia menegaskan aturan yang diterapkan kepada semua pemilik akun.

“Anda tidak diperkenankan menggunakan layanan Twitter untuk tujuan menyebarkan spam kepada orang lain. Secara umum, Twitter mendefinisikan spam sebagai aktivitas massal atau agresif yang mencoba memanipulasi atau mengacau Twitter atau pengalaman ber-Twitter pengguna untuk menarik perhatian atau kunjungan ke akun, produk, layanan, atau program yang tidak relevan,” demikian peraturan Twitter.

Masih dalam keterangan itu, ketidakpatuhan terhadap peraturan dapat membuat Twitter mengambil salah satu atau beberapa tindakan penegakan, seperti meminta untuk menghapus konten yang dilarang sebelum pengguna dapat kembali membuat posting baru dan berinteraksi dengan pengguna Twitter lainnya.

Lalu membatasi sementara kebebasan pengguna untuk membuat postingan atau berinteraksi dengan pengguna Twitter lain; meminta pengguna untuk memverifikasi kepemilikan akun dengan nomor ponsel atau alamat email; atau menangguhkan akun pengguna secara permanen. [jto/rmol]