Alami Fobia Muntah karena Sangat Takut Jatuh Sakit

12 views

FAJAR.CO.ID — Lauren Crooks yang memiliki fobia hebat pada muntah yang dia kaitkan dengan kematian mengatakan bahwa dia tidak sakit selama lebih dari 25 tahun.

Ia mengatakan dia bahkan akan meninggalkan rumah jika teman serumahnya muntah.

Bartender berusia 34 tahun itu mulai ketakutan akan muntah–disebut emetophobia–ketika dia baru berusia tujuh tahun. Hal itu pertama kali muncul ketika ia melihat sejumlah anggota keluarganya jatuh sakit.

Sekarang dia mengambil tindakan ekstrem, termasuk menghindari perasaan mual.

Lauren, dari Louisville, Kentucky, USA, mengatakan, “Saya bahkan tidak dapat hidup dengan orang yang sakit, karena saya terlalu takut melihat atau mendengar mereka muntah. Jika seseorang yang tinggal dengan saya sakit, saya pasti akan meninggalkan rumah sampai mereka lebih baik.”

Laurent yang hidup bersama ibunya yang sudah janda, Jackie, 68, mengungkapkan betapa ketakutannya berakar dari melihat anggota keluarganya sakit. Mulai ayahnya yang meninggal dalam tidurnya saat berusia 59 tahun karena sakit.

“Kemudian kakek dan nenek saya sakit dan meninggal ketika saya masih kecil. Saya mulai berpikir bahwa jika kamu jatuh sakit itu memiliki konsekuensi yang sangat buruk,” jelasnya.

Lauren dan ibunya juga menemukan neneknya Lorena meninggal ketika mereka berkunjung suatu hari. Saat itu, Lauren baru berumur lima tahun. “Dia telah meninggal karena serangan jantung. Mulai saat itu, aku hanya berasumsi kalau kamu sakit, kamu mati,” ujarnya.

Dan, seiring berlalunya waktu, Lauren menjadi semakin fobia sakit. Lauren mengatakan dia makan diet terbatas untuk menghindari sakit.

“Saya benar-benar ingin menghindari jatuh sakit. Saya membuat koneksi di kepala saya. Jika kamu sakit, kamu mungkin mati. Itu sebabnya, bahkan saat remaja – ketika orang lain minum – saya tidak akan menyentuh alkohol. Aku ingin menghindari apa pun yang bisa memicu serangan muntah,” ungkapnya.

Meskipun memiliki emetophobia berat, Lauren mencoba untuk menjadikannya ringan. Dia berkata, “Saya tidak muntah lebih dari 25 tahun. Saya melakukan segalanya dalam kekuatan saya untuk tidak dan saya melawannya sampai mati.” (Metro/amr/fajar)