Anak Buah Mega: Cawapres Jokowi Ditentukan Setelah Lebaran

21 views

FAJAR.CO.ID — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah mempertimbangkan sosok yang akan ditunjuk untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres), mendampingi incumbent, Joko Widodo (Jokowi).

Anggota komisi VI DPR RI, Eriko Sotarduga, memperkirakan pembahasan ini dapat segera dirampungkan dalam 3 bulan kedepan sekitar pertengahan tahun ini. Kemungkinan setelah lebaran.

“Kalau kita lihat perkembangannya, Juni sampai Juli nanti ini yang akan menentukan siapa sebenernya cawapres yang cocok buat pak Jokowi,” ungkap Eriko di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/3).

Eriko menerangkan dalam 3 bulan kedepan ini akan menjadi pekerjaan berat bagi PDIP dan partai koalisinya. Pasalnya berkaca dari hasil survei yang telah dikeluarkan oleh beberapa lembaga survei, angka elektabilitas nama-nama yang diperkirakan maju menjadi cawapres terus berubah-ubah.

“Ini kan proses 3 bulan kedepan dinamikanya akan tinggi,” tegas Eriko.

Hal ini tentu akan menjadi dilema bagi PDIP dan partai koalisi dalam menentukan cawapres. Karena tingkat elektabilitas masing-masing figur terus berubah sampai pelaksanaan pilpres di bulan April tahun 2019.

“Coba dilihat dari hasil survei tadi kan berbeda-beda, berubah, ini kan harus dilihat sampai batas akhir itu pun belum tentu, karena apa, pertarungannya sendiri kan tahun depan saat bulan April,” pungkas Eriko. (sat/JPC)