Apple Buat 13 Emoji Baru untuk Penyandang Disabilitas

23 views

FAJAR.CO.ID — Dalam waktu dekat, jika diterima, iPhone dan sejumlah perangkat berbasis iOs akan ketambahan emoji baru. Akhir pekan ini Apple telah mengusulkan penambahan 13 emoji baru untuk mewakili para penyandang disabilitas.

Dilansir DailyMail, usulan tersebut diajukan ke Unicorn Consortium. Jika disetujui, emoji yang meliputi anjing pemandu, orang yang duduk di kursi roda, dan alat bantu dengar itu akan segera hadir.

Apple menyebutkan bahwa emoji yang dibuat tidak menggambarkan semua kecacatan, tapi hal ini menjadi awal untuk keragaman yang lebih besar dalam emoji.

“Saat ini emoji menyediakan berbagai pilihan, tapi tidak mewakili pengalaman para penyandang cacat secara keseluruhan,” tulis Apple dalam usulannya.

Perusahaan tersebut telah berkonsultasi dengan lembaga sosial American Council of the Blind, Cerebral Palsy Foundation, dan Association of the Deaf untuk mengembangkan emoji tersebut.

Emoji-emoji itu akan menggambarkan orang-orang yang mengalami kebutaan, cacat fisik, tuli, serta cacat mental, seperti autisme, kejang, kecemasan, dan gangguan stres pascatrauma. Untuk satu emoji, akan mencakup gambar pria dan wanita.

Menurut TechCrunch, jika disetujui, gambar tersebut mungkin akan muncul di Emoji 12.0 yang diharapkan keluar pada Maret 2019. Namun, pada Desember 2017, Unicode mengungkapkan sejumlah emoji baru direncanakan muncul pada 2018 pada Apple iPhone. (DailyMail/mpo)