Asik, Tahun Ini Pemerintah Siapkan Mudik Gratis Jalur Laut

18 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan pelayanan maksimal terhadap warga masyarakat yang akan melakukan mudik saat lebaran mendatang.

Selain menyediakan mudik gratis jalur darat, tahun ini pemerintah juga telah menyediakan program mudik gratis jalur laut.

Pengadaan mudik gratis jalur laut ini sebagai upaya untuk mengantisipasi membludaknya pemudik yang menggunakan jalur darat.

Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sragen, Sabtu (31/3).

Lebih lanjut Budi mengatakan, bahwa pihaknya akan menyediakan kuota mencapai 30 ribu pemudik untuk jalur laut. “Dengan adanya mudik gratis melalui jalur laut ini bisa memecah atau menjadi alternatif untuk mudik,” ungkapnya kepada JawaPos.com.

Budi menambahkan, selama ini penyediaan angkutan untuk mudik gratis masih terbatas di jalur darat saja. Sedangkan untuk jalur laut menjadi program mudik pertama yang dihadirkan oleh pemerintah.

Budi berharap, warga masyarakat yang akan mudik melalui jalur laut bisa memanfaatkan program mudik gratis ini.

Selain menyampaikan mudik gratis jalur laut, Budi juga mengatakan, bahwa pihaknya ingin agar liburan sekolah diperpanjang saat mudik Lebaran mendatang. Hal ini karena pada liburan mendatang libur lebaran mulai dua hari sebelum dan sesudah Lebaran.

Sementara, dengan adanya permintaan perpanjangan libur sekolah ini ditujukan agar para siswa yang akan diajak mudik bisa berangkat lebih awal. Ini sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

“Kalau bisa untuk hari Senin dan Selasa nanti libur saja. Jadi para siswa ini bisa berangkat mudik mulai Jumat,” ucapnya. (Fajar/JPC)