Atasi Pengangguran, Ichsan YL-Cakka Siapkan 75 Keterampilan di Rumah Produktif

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Kandidat Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo kembali meyakinkan warga mengenai sejumlah program prioritasnya saat menyampaikan orasi politiknya di kampanye tertutup di Gedung Pertemuan Hawai, Sinjai, Sabtu (24/3/2018) sore.

Secara panjang lebar, Ichsan di depan ribuan warga yang antusias menghadiri kampanye, mengurai sejumlah program prioritasnya jika kelak diberikan amanah memimpin Sulsel.

Salah satu yang ditawarkan, yakni rumah produktif di setiap kecamatan. Fungsi dan keberadaannya akan menjadi laboratorium lahirnya industri menengah ke bawah, baik yang dikelola langsung warga maupun sharing dengan Badan Usaha Milik Desa.

Di masing-masing rumah produktif, selain menyiapkan tiga sarjana profesional atau tenaga ahli, juga masing-masing ada satu orang dari perbankan. Tujuannya, mendampingi sekaligus membimbing para warga.

“Di rumah produktif nantinya, itu juga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk dimbimbing oleh tenaga ahli dengan 75 jenis keterampilan usaha,” kata Ichsan yang disambut yel-yel “Punggawa Macakka”.

Bukan hanya itu, di rumah produktif yang akan dibangun di tahun pertama Ichsan-Cakka jika diberikan amanat memimpin Sulsel, juga akan banyak memberikan kemudahan bagi warga setempat.

Seperti jika ada pengurusan perizinan di tingkat Pemprov Sulsel, maka warga cukup melengkapi persyaratannya saja. Sebab tim rumah produktif akan membantu mengurus dan memfasilitasi.

Selain rumah produktif, Ichsan juga mengurai kembali mengenai komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara merata tanpa pungutan dengan subsidi per tahun 1,5 triliun.

Berdasarkan pantauan, di kampanye tertutup Ichsan, ribuan warga memadati gedung pertemuan tersebut. Selain itu, sejumlah tokoh ikut hadir, serta politisi lintas partai politik.(*)