Bangun SSB di 307 Kecamatan, NH Gandeng Real Madrid Foundation

114 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Visi besar calon Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid memajukan sepakbola Sulawesi Selatan modern akan diiikuti beberapa strategi.

Selain membangun lapangan sepakbola bertaraf internasional, NH bersama pasangannya Abdul Aziz Qahar Mudzakkar akan menggandeng Real Madrid Foundation untuk pengembangan diri anak-anak Sulawesi Selatan.

NH menjelaskan, salah satu program utama yang akan dikembangkan bersama Real Madrid Foundation ialah mendirikan Sekolah Sosial Sepakbola (SSB) di 307 kecamatan di seluruh Sulsel.

Pemprov Sulsel bersama Pemkab akan membangun lapangan sepakbola bertaraf internasional. Sedangkan Real Madrid Foundation membantu dan membimbing pendirian SSB.

“Program kami membangun 307 lapangan sepakbola bertaraf internasional akan diisi dan diperkaya oleh berbagai program Real Madrid Foundation,” kata Nurdin menjelaskan, Kamis (21/6/2017).

“Kami sudah membicarakannya dengan manajemen Real Madrid Foundation. Mereka menyatakan siap mengembangkan program mereka untuk anak-anak di Sulsel,” Nurdin Halid menambahkan.

“Jadi, di 307 kecamatan nanti akan ada 307 SSB dengan standar manajemen Real Madrid Foundation. Para pemain yang masuk SSB merupakan hasil kompetisi tingkat SD dan SMP di lingkup kecamatan,” tutur NH.
[
Salah satu pimpinan teras RMF yang bermarkas di Spanyol ialah Emilio Butragueno, legenda sepakbola Real Madrid dan Timnas Spanyol. Hingga saat ini, RMF sudah berkembang di 6 propinsi di Indonesia.

Andi Bahdar Saleh, salah seorang profesional pada manajemen RMF di Indonesia, telah bertemu dengan Nurdin Halid di Makassar, Sabtu (16/6/2018) lalu untuk membahas rencana kerjasama ini.

“Jika terpilih jadi pemimpin Sulsel, Pak Nurdin berkomitmen akan mengundang RMF untuk mengembangkan program-program sosial untuk anak-anak dan generasi muda di Sulsel. Terutama dua program unggulan, SSB dan Social Sport School,” ujarnya.

Berdiri sejak 1997, Real Madrid Foundation (RMF) adalah bagian dari komitmen dan tanggung jawab Klub Real Madrid di Spanyol terhadap masyarakat dunia.

RMF beroperasi di Indonesia ketika NH masih menjabat Ketua Umum PSSI, tepatnya sejak MOU antara RMF dengan Panitia Liga Pendidikan Indonesia (LPI) pada 4 April tahun 2011 di Madrid.

LPI adalah salah satu program kerjasama PSSI pimpinan NH dengan Departemen Pendidikan Nasional untuk menggairahkan olahraga sepakbola di tingkat SLTA.(rls/fajar)