Bantu Anak Hadapi Tahun Ajaran Baru dengan 5 Langkah Ini

50 views

FAJAR.CO.ID – Tahun ajaran baru sekolah yang dihadapi rutin setiap tahun oleh para orang tua, seringkali membuat panik. Apalagi bagi para orang tua yang baru menyekolahkan anaknya kali pertama atau baru masuk TK dan SD. Pengalaman pertama yang cukup merepotkan.

Khususnya ibu, adalah tonggak paling utama yang menghadapi repotnya tahun ajaran baru sekolah. Dari mulai mempersiapkan seragam anak dan perlengkapan sekolah lainnya, buku pelajaran, hingga berhadapan dengan wali kelas.

Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo meminta para bunda untuk santai saja menghadapi tahun ajaran baru sekolah. Maka dia memberikan tips untuk menghadapi fase ini.

Apalagi jika orang tua memiliki anak lebih dari satu dan seluruhnya harus masuk sekolah di tahun ajaran baru kali ini. Tentu hal yang merepotkan. Peran ibu akan lebih optimal jika dibantu oleh ayah. Maka berbagi peran atau tugas juga bisa dilakukan.

“Ya mau tidak mau memang harus berbagi. Peran/tugas bisa dibagi dengan ayah tentunya. Misalnya saat hari pertama sekolah ayah bisa antar kakak dan ibu antar adik. Adik yang pulang lebih dulu dapat ditangani terlebih dulu kebutuhannya dan lalu baru kakak yang pulangnya lebih siang/sore,” kata Vera kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Selain itu, orang tua juga harus mempersiapkan mental dan kemandirian sang anak. Langkah ini perlu dilakukan agar anak tumbuh menjadi pelajar yang lebih tangguh dan cerdas di sekolah. Apa saja?

 

Rutinitas Pagi

Tahun ajaran baru sekolah biasanya membuat kebiasaan anak berubah. Salah satunya kewajiban bangun pagi. Maka biasakan anak dengan rutinitas di hari-hari sekolah seperti bangun pagi, mandi, sarapan dan lainnya.

 

Kemandirian

Latih kemandirian anak dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Misalnya untuk anak TK latih dia membuka kotak makanannya sendiri sehingga tidak bergantung pada guru.

 

Kenyamanan di Sekolah

Latih anak untuk tahu apa yang harus dia lakukan jika dia perlu ke toilet. Ajarkan untuk mandiri ke toilet. Lalu latih anak jika ada teman yang mmebuatnya tidak nyaman.

 

Perkenalkan Sekolahnya

Sebelum memulai hari masuk sekolah, bawa anak berkunjung ke calon sekolahnya untuk mengenali lingkungan barunya. Cara itu bisa membuat anak lebih mudah beradaptasi.

 

Persiapan Mental

Jika diperlukan, ajak anak bermain peran/role play untuk menggambarkan apa yang akan anak hadapi di sekolah nanti. Anak yang sudah terbiasa mandiri di rumah, akan memiliki mental yang lebih kuat dibanding anak yang di rumah masih banyak dibantu/dilayani. Orang tua bisa latih kemandirian anak sesuai kemampuan usianya. (ika/JPC)