Banyak Keluhan, Gubernur Diharapkan Bisa Menggratiskan SPP SMA/SMK

3 views

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Keluhan penarikan SPP untuk SMA/SMK kembali didapati sejumlah anggota DPRD Surabaya saat melakukan reses kemarin. Mereka berharap gubernur yang baru nanti dapat menggratiskan SPP.

“Jadi usulan, sambatan mereka (warga) adalah sangat terbebani dengan biaya sekolah SMA/SMK. Bayarnya ini kan tidak seragram setiap sekolah, meskipun negeri, tergantung selera sekolah,” ujar Ketua DPRD Surabaya Armuji saat ditemui di kantornya, Kamis (8/11).

Curahan hati masyarakat tersebut didapat politisi PDI Perjuangan ketika melakukan jaring aspirasi atau reses III tahun 2018. Di hampir seluruh titik reses yang dilakukan, keluhan mengenai SPP selalu didapatnya. “Saya sampaikan kepada warga, jadi gubernur yang baru nanti kiranya akan melakukan kebijakan dengan membebaskan uang bulanan (SPP). Kita sampaikan seperti itu karena domainnya di pemprov,” urainya.

Untuk itu, Armuji berharap pada penganggaran APBD murni 2019 Pemprov Jawa Timur SPP SMA/SMK bisa masuk dalam anggaran. Bahkan, jika memungkinkan pembiayaan pendidikan melebihi 20 persen sesuai dengan undang-undang. Sehingga bukan tidak mungkin SPP tahun ajaran 2019/2020 dapat digratiskan. “Khususnya Surabaya yang sudah pernah gratis,” ungkapnya. (sb/bae/jek/JPR/JPC)