Baru NasDem yang Daftarkan Bacaleg DPR RI

7 views

FAJAR.CO.ID – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRI RI telah dibuka KPU sejak tanggal 4 – 17 Juli 2018. Hingga Senin (16/7), baru Partai NasDem telah mendaftarkan para bakal calon.

Sejauh ini, 15 parpol belum menyerahkan berkas pencalegan ke Kantor KPU RI. Bawaslu memastikan, Selasa,(17/7) besok menjadi puncak pendaftaran bacaleg dengan melibatkan 15 parpol.

Komisioner Bawaslu, Mohammad Afifudin menuturkan, pemeriksaan berkas Partai NasDem dengan data Silon, membutuhkan waktu 5 jam, agar Berita Acara (BA) bisa terbit.

“Kami bisa pastikan kepadatan pendaftaran dan verifikasi berkas dengan Silon di hari terakhir terhadap 15 parpol,” ucap Afif dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Thamrin Jakarta Pusat, Senin (16/7).

Sementara masing-masing provinsi, dilaporkan Afif, jumlah parpol mendaftar di masing-masing provinsi minim. Paling banyak parpol mendaftar Di Kalimantan Timur dan Gorontalo dengan masing-masing 6 parpol. “Jawa Tengah sampai malam ini, ini rekor, belum terdapat (parpol) mendaftar,” beber Afif.

Sementara 15 parpol juga telah mendaftar ke KPU Provinsi dengan pesebaran bervariatif, bahkan mereka telah mendaftar di 27 provinsi. Bahkan, terdapat satu parpol baru mendaftar di satu provinsi.

Sejauh ini, baru Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) belum mendaftar di seluruh provinsi. Bawaslu melaksanakan pengawasan terhadap tahapan pendaftaran bacaleg hingga tanggal 16 Juli 2018 pukul 16.00 WIB atau satu hari jelang penutupan pendaftaran. (jaa/idp)