BEM SI: Rupiah Melemah Indonesia Kehilangan Marwah

3 views
Opini Bangsa – Nilai tukar mata uang atau kurs merupakan salah satu variabel ekonomi makro yang sangat penting, karena pergerakan nilai kurs dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi. Nilai tukar mata uang atau kurs merupakan salah satu cara bagi suatu negara untuk bisa bertransaksi dengan dunia luar karena dengan menggunakan kurs, transaksi dengan luar negeri dapat berjalan dengan baik. Namun ada kendala dalam kurs ini, bahwa tidak setiap nilai mata uang setiap negara adalah sama.
Pentingnya peranan nilai tukar mata uang bagi suatu Negara, mendorong dilakukannya berbagai upaya untuk menjaga posisi kurs mata uang suatu negara berada dalam keadaan yang relatif stabil. Stabilitas kurs mata uang juga dipengaruhi oleh sistem kurs yang dianut oleh suatu negara.
Untuk itulah maka BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kementerian Keuangan di Jl Lap Banteng JakPus pada hari Jumat (14/9) siang setelah sholat Jumat dengan di ikuti sekitar 500 mahasiswa dari berbagai universitas dan kampus kampus yang ada di suruh Jabotabek.
Rifaldi Pratama Putra selamu Koordinator Isu Ekonomi BEM SI menyampaikan beberapa tuntutan kepada Pemerintah melalui Kementerian Keuangan.
“Kami mendesak pemerintah agar tetap menjaga stabilitas harga bahan pokok di tengah masyarakat dan meminta pemerintah untuk mempermudah akses peminjaman usaha dengan menjaga suku bunga kredit yang rendah,” kata Rifaldi.
BEM juga mendorong pemerintah untuk memperluas ekspor dengan mencari pasar alternatif ekspor dan mengurangi impor. Serta menghimbau masyarakat agar meningkatkan penggunaan produk lokal dan mengurangi konsumsi produk asing.
“Kami dari BEM juga mengajak masyarakat untuk tidak menukarkan dolar ke rupiah dan memperbanyak transaksi dengan rupiah agar nilai rupiah menguat dan kondisi rupiah kembali membaik,” tandasnya.
Terakhir BEM juga mendesak pemerintah untuk mengakomodir produk lokal agar lebih dikenal oleh masyarakat dan mempermudah sistem ekspor dalam negeri ke luar negeri. Agar terjadi ekspor Indonesia yang besar ke Luar Negeri. [opini-bangsa.com / panjimas]