Bentrok Besar di Gaza, 15 Warga Palestina Tewas

16 views

FAJAR.CO.ID — Sedikitnya 15 orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka ketika para demonstran bentrok dengan aparat keamanan Israel di perbatasan Gaza, Jumat waktu setempat.

Demonstrasi itu adalah aksi massa terbesar yang terjadi sejak 2014 silam.

Demonstrasi yang berujung bentrok ini adalah bentuk protes terhadap blokade perbatasan. Itu adalah hari paling berdarah di Gaza sejak perang lintas batas 2014 antara Israel dan Hamas.

Kementerian Kesehatan Palestina menyebut lebih dari 750 orang terluka terkena tembakan pasukan Israel dalam bentrokan di sepanjang pagar perbatasan itu.

Militer Israel mengatakan ribuan warga Palestina melemparkan batu dan menggulingkan ban yang terbakar ke arah pasukan yang ditempatkan di sisi lain pagar perbatasan. Selain itu, demonstran Palestina melemparkan bom molotov ke pasukan Israel selama bentrokan di Hebron, di Tepi Barat.

Bentrokan meletus di berbagai lokasi di Tepi Barat dan di samping perbatasan Israel dengan Gaza saat warga Palestina menggelar protes pada Hari Tanah, hari tahunan memperingati peristiwa 30 Maret 1976 ketika pawai dan pemogokan umum diselenggarakan di kota-kota Arab di tanah yang diduduki.

Pawai 1976 menentang pengumuman pemerintah Israel untuk mengambil alih ribuan hektar lahan untuk permukiman. Ini dianggap sebagai hari bagi hak orang Palestina untuk kembali ke tanah mereka. Palestina juga memprotes keputusan Presiden AS Donald J. Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (Metro/amr/fajar)