Bollinger Motors Produksi Truk Pick Up Listrik Pertama di Dunia

6 views

FAJAR.CO.ID – Perusahaan start up asal Amerika, Bollinger Motors yang mengembangkan mobil listrik Sport Utility Vehicle (SUV) kembali memberikan kejutan untuk dunia otomotif. Pasalnya ia akan kembali menghadirkan sebuah truk pick upbernama B2 bertenaga listrik.

Inovasi ini tentu mengejutkan karena sebelumnya Bollinger juga telah membangun sebuah SUV konsep B1 yang menjadi mobil SUV dengan tenaga listrik pertama di dunia. Keistimewaan dari karya mereka adalah melawan kondisi mainstream, dimana produsen mobil hanya mengambangkan model listrik pada model sedan.

Secara teknis, dilansir Carscoops, (10/10) truk B2 dibangun dengan platform yang sama pada SUV B1 dengan kesamaan fitur dan komponen sehingga bisa dibilang menjadi kembaran yang sama-sama menggunakan dua motor listrik dan baterai 120 kWh.

Meski demikian setingan pada mesin yang digendong B2 membuat truk ini mampu menghasilkan power hingga 520 hp pada torsi 696 hp. Mesin besar ini membuatnya mampu berakselerasi dari 0 ke 60 Km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi 160 Km/jam.

Dengan kombinasi baterai yang dan dua motor listrik sebagai penggerak mesin, SUB B2 bisa menempuh jarak hingga 321 Km dalam satu kali pengisian. Menariknya saat baterai habis, durasi pengisian ulang baterai hanya membutuhkan 75 menit dengan pengisi daya cepat level 3 DC atau 10 jam dengan pengisi daya Level 2 untuk power 220V.

Pendiri Bollinger Motors, Robert Bellinger mengungkapkan mereka ingin membangun sesuatu yang baru dan nyaris tak tersentuh produsen lain dan saat ini, Bollinger telah berhasil membedah B1 untuk dikembangkan lagi sebagai kendaraan angkutan ringan.

“Kami akan membawa B1 menjadi model baru yang lebih menarik dan kuat sebagai kendaraan tangguh untuk berbagai medan. Kami ingin pick up ini menjadi sesuatu yang melebihi produk manapun di pasar saat ini,” tukasnya.

Selain powertrain listrik, B2 memiliki body all-aluminium dengan pintu bak kaku yang memanjang ke belakang yang dibuat paten mampu memberi ruang tambahan untuk memuat benda-benda berukuran panjang. Ia juga nyaman karena mengaplikasikan suspensi hydropneumatic dan roda gigi di dalamnya.

Truk ini dijadwalkan masuk ke lini produksi pada 2020. Perusahaan berencana mengumumkan harga dan opsi model truk tahun depan. Bollinger yakin mobil ini akan menarik sebagai angkutan ringan masa depan. Karena itu, saat ini mereka telah menerima reservasi tanpa uang muka.

(wzk/JPC)