Bom Mobil Meledak di Dekat Stadion, 14 Orang Tewas

9 views

FAJAR.CO.ID — Ledakan bom mobil terjadi pada Jumat malam (23/3), di provinsi bergolak Afghanistan selatan, Helmand, menewaskan sedikitnya 14 orang.

Seperti dilansir VOA News pada Sabtu (24/3/2018), ledakan yang diduga sebagai bom bunuh diri tersebut juga melukai puluhan orang lainnya. Sebab ledakan terjadi di pusat keramaian.

Polisi mengatakan, pemboman itu terjadi di dekat stadion olahraga yang padat di Ibu Kota Provinsi Lashkargah tempat pertandingan gulat sedang berlangsung.

“Ledakan itu terjadi di dekat sebuah stadion lokal di Kota Lashkargah,” kata Juru Bicara Gubernur Helmand, Omar Zwak.

Kabarnya, sejumlah orang menyaksikan pertandingan gulat di stadion ketika serangan bom itu terjadi. Investigasi mengenai insiden itu sedang berlangsung.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

LSM Darurat Italia mengatakan, mereka telah mendengar suara ledakan dari tempat mereka. “Sebanyak 35 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit kami, empat lainnya tewas pada saat kedatangan,” kata LSM itu lewat Twitter.

Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengutuk serangan itu. Ia mengatakan, musuh-musuh Afghanistan tidak dapat mencegah perayaan acara-acara tradisional, agama, dan budaya di negara ini.

Nahasnya, ledakan itu terjadi hanya dua hari setelah seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat Universitas Kabul di Ibu Kota Afghanistan, menewaskan 29 orang dan melukai 52 lainnya. Sejauh ini, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. (ina/iml/trz/JPC)