Bos Abu Tours juga Dijerat Pidana Pencucian Uang

9 views

FAJAR.CO.ID — CEO Abu Tours, Hamzah Mamba, telah ditetapkan tersangka kasus penipuan dan penggelapan ribuan jemaah umrah di Indonesia. Tidak itu saja, Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) juga menetapkan bos Abu Tours itu dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Juga, tindak pidana pencucian uang (TPPU) perusahaan Abu Tours and Travel,” terang Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, dalam konferensi pers di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (23/3/2018).

Perwira menengah dengan tiga melati di pundaknya itu mengatakan, bos Abu Tours tersangka karena mengiming-imingi memberangkatkan ribuan jemaah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan harga yang cukup murah.

Selanjutnya, untuk menarik lebih banyak jemaah lagi, perusahaan ini justru kembali membuka promo umrah di 2018 dan menampung seluruh jemaah yang belum diberangkatkan sejak tahun 2017 lalu.

“Jadi korban menyetorkan dana ke Abu Tours dengan harapan dapat diberangkatkan umrah dengan harga murah. Namun pada akhirnya, para korban tidak diberangkatkan sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditetapkan dengan alasan perusahaan kesulitan masalah finansial,” ungkap Dicky.

Bos Abu Tours tersangka karena melanggar pasal 45 ayat 1 jo pasal 64 ayat 2 UU Penyelenggaraan Haji subsider pasal 372 dan 378 jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3,4,5, UU tindak pidana pencucian uang. (fajar/jpnn)