Bu Susi, Sempat Jualan Bed Cover Sampai Perhiasan

10 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi pembicara dalam acara Wisuda Kelulusan Mahasiswa Universitas Sampoerna di Jakarta, Kamis (18/10) lalu. Dalam kesempatan itu, Susi menyampaikan berbagai kisah inspiratif kepada para lulusan mahasiswa.

“Sebelum menjadi menteri, banyak sudah yang saya lakukan. Dari jualan bed cover, hingga menjual perhiasan saya sebagai modal menjadi pengepul ikan,” ujar Susi sembari mengenang kisah masa lalunya.

Setelah dirasa bisnisnya semakin berkembang, Susi pun memberanikan diri meminjam modal dari perbankan, untuk mengembangkan usaha. Hingga pada 2004, dia memutuskan membeli sebuah pesawat jenis Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar.

“Satu-satunya pesawat yang saya miliki itu saya gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang,” jelas Susi.

Hal itu dilakukan agar produk-produk perikanan yang diekspor bisa tetap dalam keadaan hidup dan masih segar.

Dalam kesempatan tersebut, Susi berpesan kepada seluruh lulusan Universitas Sampoerna, agar memiliki pola pikir yang baru dalam mengelola sumber daya yang dimiliki Indonesia.

“Sebagai generasi muda, Anda semua semestinya memiliki pola pikir baru dalam mengelola sumber daya kita. Alih-alih mengeksploitasi, kita harus mengelolanya secara berkelanjutan karena melindungi sumber daya sebenarnya bisa lebih menguntungkan,” ungkapnya.

“Satu lagi, jangan pernah takut bermimpi. Manfaatkan energi yang ada. Yakin, kerja keras, dan keinginan belajar lagi dan lagi,” tandas Susi.(chi/jpnn)