Bujubusyet.. Harga Cabai sudah Mencapai Rp90Ribu per Kilo

36 views

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Sudah sepekan lebih harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Bulungan mengalami kenaikan. Harga yang mahal ini membuat masyarakat mengeluhkannya, sebab menurut sebagian masyarakat cabai juga merupakan kebutuhan sehari-harinya.

Salah satu masyarakat, Nikmah mengatakan sejak meningkatnya harga cabai itu dirinya tetap membeli tapi cara konsumsinya yang dikurangi mengingat kenaikannya juga cukup tinggi. “Biasanya satu kg cabai itu habis dalam tiga hari, tapi sekarang irit-irit jadi bisa sampai empat atau lima hari,” ujarnya.

Karena bukan hanya cabai saja yang akan dibeli, melainkan komoditi lainnya yang juga mengalami kenaikan sejak beberapa bulan lalu seperti beras. “Bisa dikatakan cabai ini juga kebutuhan sehari-hari, jadi tidak boleh kalau tidak ada, karena sudah kebiasaan,” tuturnya.

Masyarakat lainnya, Puspa mengatakan dirinya juga mengurangi konsumsi cabai akhir-akhir ini sebab harga yang sudah melambung tinggi. Sementara banyak kebutuhan lainnya juga yang harus dipernuhi. “Mau tidak mau ya dikurangi, nanti kalau harganya sudah normal baru beli banyak lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Induk, Bulek Sul mengatakan saat ini harga cabai menembus Rp 90 ribu per kg. Sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kg. “Sudah sekitar sepuluh hari ini harganya naik,” tuturnya.

Pemicu harga cabai mengalami kenaikan dikarenakan gagal panen akibat cuaca akhir-akhir ini sehingga stoknya menipis dan mengalami kenaikan harga. “Kita suplainya dari Wahau, kalau ngandalin cabai dari Tanjung Selor mungkin harganya Rp 1 juta per kg,” ujarnya bercanda.

Diakuinya, meski harga cabai yang melambung tinggi namun pembeli masih tetap membelinya. Karena dapat dikatakan cabai ini juga merupakan kebutuhan sehari-hari terutama bagi para pedagang makanan. Sementara bahan lainnya masih dengan harga normal seperti telur Rp 50 ribu per piring, cabai besar Rp 50 ribu per kg, bawang merah dan bawang putih Rp 28 ribu per kg.

Pedagang lainnya, Poni mengatakan harga cabai saat ini Rp 92 ribu per kg, jika dijual eceran Rp 10 ribu per ons. Dirinya tidak tahu mengapa harga tersebut naik, karena hanya mengambil pada tengkulak di Pasar Induk, tidak langsung kepada petani. “Ambil dari tengkulak di belakang, biasanya kalau dapat dari mobil agak murah. Kalau tengkulak paling rendah Rp 80 ribu per kg,” pungkasnya. (lee/eza)