Buka Rute Penerbangan Makassar-Selayar, Aspeksindo beri apresiasi Garuda

19 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Asosiasi pemerintah daerah kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia (Aspeksindo) memberikan apresiasi atas inisiatif maskapai garuda membuka akses penerbangan makassar-selayar. Tentu maskapai ini adalah maskapai kedua setelah lion air.

Direktur Eksekutif ASPEKSINDO, Andi Fajar Asti, mengungkapkan, hadirnya kedua maskapai ini akan menjawab tingginya kebutuhan mobilitas makassar-selayar. Akses udara akan mendorong percepatan pembangunan ekonomi dan bisnis antara daerah kepulauan dengan daratan besar.

“Terbukanya akses tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah daerah kepulauan selayar untuk menghadirkan destinasi yang berkualitas di kepulauan selayar dengan basis kemaritiman,” katanya.

Pemerintah kabupaten kepulauan selayar juga harus mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi masyarakat dengan sentuhan teknologi di era millenial atau dengan sebutan ekonomi digital.

“Ekonomi digital adalah sesuatu yang niscaya dimiliki oleh kelompok anak muda di kepulauan selayar dengan kreatifitas dan inovasi startup sebagai penyesuaian lingkungan masyarakat modern,” lanjut Andi Fajar.

Misalnya untuk sektor Potensi pariwisata, sudah harus berstandar internasional. Yaitu fasilitas sarana dan prasarana harus menunjang. Lokasi wisata harus se-ekologis mungkin sehingga nilai naturalistik kekayaan dan keindahan alam yang ada kepulauan selayar menjadi magnet bagi pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

“Jangan lupa, variabel yang tidak kalah penting adalah masyarakatnya. Dituntut penguasaan softskill dan kompetensi ketika berinteraksi dengan pengunjung,” jelasnya.

Karakter masyarakat menjadi sesuatu yang sangat menunjang kehadiran dan kenyamanan pengunjung yang sedang berada di kepulauan selayar. Sehingga mereka yang pernah masuk ke selayar secara otomatis akan menjadi promotor terkait kesan yang didapatkan di daerah tersebut.

Atas semua capaian itu, Aspeksindo memberikan selamat semoga kawasan kepulauan daerah lain di seluruh negara kesatuan republik indonesia juga dapat merasakan akses yang sangat strategis ini. (*)