Bupati Gowa Serahkan Bantuan Armada Damkar Kpasitas 8.000 Liter

21 views

FAJAR.CO.ID, GOWA — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa, kembali mendapat bantuan armada.

Mobil Damkar berkapasitas 8.000 liter ini diserahkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan kepada Kadis Damkar Gowa Rostam Razak usai upacara HUT Kemerdekaan RI di lapangan upacara IPDN Kampili Kabupaten Gowa, Jumat (17/8/2018).

Bertambahnya armada Damkar ini menurut Rostam memberikan motivasi tersendiri kepada jajarannya.

“Kita sekarang memiliki 6 unit armada yakni 4 mobil penembak dan 2 mobil lagi sebagai tangki penyuplay air. Armada baru ini kita sengaja minta yang kapasitas besar agar daya tampung air pun memadai dan mobil ini kita tempatkan di posko utama markas Damkar,” kata Rostam.

Dengan bertambahnya armada ini kata Rostam diharapkab kinerja 70 personil petugas Damkar bisa lebih meningkat.

“70 personil kita ini termasuk yang kita poskokan di Kecamatan Bontonompo,” katanya.

Diakui Rostam, saat ini kejadiab kebakaran dalam wilayah Gowa berkurang dan bahkan pihaknya berharap tak ada kejadian.

Meski demikian kata Rostam pihaknya terus menerus memberikan sosialisasi dengab mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada bahaya kebakaran termasuk menghindari benda-benda atau aktivitas masyarakat yang bisa menimbulkan kebakaran.

Sebagai antisipasi berkesinambungan, pihak Dinas Damkar membentuk relawan di tengah masyarakat dengan menamainya Satgas Balakar atau Barisan Relawan Kebakaran.

“Kita telah bentuk Satgas Balakar dengan tugas bagaimana menekan api sebelum tim Damkar tiba di lokasi kebakaran. Kita harus selalu siaga dan tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada,” tambahnya.

Seperti diketahui kata Rostam, musim kemarau dan potensi kebakaran adalah di bulan Agustus dan September. Namun dia berharap tidak ada kejadian kebakaran.

“Sebetulnya tidak ada musimnya itu kebakaran tapi itu tergantung kesiapsiagaan masyarakat untuk selalu bisa mencegah kebakaran dengan selalu mengingatkan masyarakat untuk waspada. Kita juga mengingatkan dan memberi edukasi kepada pihak-pihak perkantoran tentang penggunaan alat pemadam di kantor-kantor,” pungkasnya. (saribulan/bkm/fajar)