Buruan! Pemda Buka Lowongan Kerja di Perusahaan Minyak Pertamina

0 views

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN   –  Rekrutmen tenaga kerja (naker) lokal untuk perluasan kilang minyak Pertamina telah berjalan. Pendaftaran itu, antara lain, bisa dilakukan di dua kantor sekretariat Persatuan Ormas Asli Kalimantan (POAK) sejak kemarin (9/8).

Kedua kantor itu berlokasi di Jalan Blora, RT 20 Nomor 3, Kelurahan Klandasan Ilir; dan Ruko Mall Fantasi, Blok B Nomor 17, Balikpapan Baru. Tercatat sebanyak 200 formulir pendaftaran ludes diburu naker lokal.

“Masing-masing sekretariat kami kasih jatah 100 formulir setiap harinya. Dua tempat jadinya ‘kan 200 formulir. Tadi langsung habis. Kami buka lagi besok (hari ini),” kata Ketua POAK, Andin Syamsir saat dihubungi kemarin.

Andin mengatakan, penerimaan calon pendaftar belum ada batas waktunya. Pihaknya masih melakukan pendaftaran terlebih dahulu, kemudian menyerahkan berkas tersebut kepada Pertamina untuk diseleksi.

“Ya, pokoknya kami buka sampai kuota itu terpenuhi. ‘Kan ada 25 ribu katanya, ya, kami buka sampai habis. Jadi setiap harinya itu 200 formulir. Kami beri kesempatan kok buat yang lain yang belum daftar segera mendaftar, tapi warga Balikpapan,” ujarnya.

Adapun penerimaan sebagai naker lokal masih belum diketahui penempatannya. Pihaknya meminta kepada Pertamina agar mereka yang belum memiliki keahlian di bidang yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan secara gratis. “Ya, kita minta juga agar diberikan pelatihan-pelatihan bagi mereka,” tuturnya.

Namun, beredar kabar tak sedap di masyarakat. Yakni, adanya kesepakatan antara pendaftar dengan sang oknum jika diterima kerja oleh Pertamina, maka gajinya akan dipotong Rp 250 setiap bulannya sebagai fee.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Andin membantahnya. Dia menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen sejak awal untuk tidak menarik pungutan apa pun kepada para pendaftar.

Nggak ada itu, kami tegaskan tidak ada. Karena, sejak awal kami sudah komitmen agar tidak ada pungutan biaya sama sekali. Karena ini semua untuk membantu masyarakat kita yang belum bekerja. Kalau ada hal seperti itu, bisa langsung laporkan saja,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi kepada Manager Area Communication dan CSR Pertamina Region Kalimantan, Yudi Nugraha mengatakan, Pertamina belum membuka penerimaan kerja alias lowongan. Pihaknya masih melakukan pelatihan-pelatihan kepada calon tenaga kerja menggandeng Balai Pelatihan Kerja (BLK).

“Yang jelas, Pertamina belum buka lowongan untuk proyek. Saat ini baru pelatihan-pelatihan kerja sama dengan BLK,” pungkas dia. (yad/yud/k1)