Calon Pejabat Maros Dites Computer dan Pidato

9 views

FAJAR.CO.ID, MAROS – Pemerintah Kabupaten Maros kembali membuka kesempatan untuk ASN Pemkab Maros mendapat jabatan yang lebih tinggi.

Setelah beberapa waktu lalu dilakukan tes kompetensi, calon pejabatan lingkup Pemkab Maros kembali melakukan tes kemampuan.

Dua skill yang harus dimiliki oleh pejabat Maros yakni kemampuan komputer dan pidato atau berbicara di depan umum.

Tes komputer dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros sedangkan tes kemampuan berbicara didepan umum atau pidato digelar di Tribun Utama Lapangan Pallantikang, Selasa (25/9) pagi.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Maros Agustam, tes pidato khusus untuk calon pejabat yang akan menduduki jabatan eselon IIIA atau setara sekretaris dinas, Camat dan kepala bagian.

Sedangkan tes komputer untuk seluruh calon pejabat yang akan menduduki jabatan baik eselon III maupun eselon IV.

“Untuk calon pejabat eselon IIIA ada 29 orang yang tes pidato, mereka dari berbagai OPD (organisasi perangkat daerah-red) yang bersaing untuk naik jabatan. Tiap orang diberi waktu lima menit untuk berbicara didepan juri dan pegawai yang hadir dengan tema pidato mereka pilih dari sistem cabut nomor. Jadi mereka tidak tahu tema pidatonya apa, nanti setelah mencabut baru ketahuan sehingga tentu mereka tidak dapat membuat konsep dari rumah,” beber Agustam. (Askari/bkm)