Cara “Merakyat” NH Tampung Keluhan Petani Luwu Utara

11 views

FAJAR.CO.ID — Usai menggelar kampanye tatap muka di Kecamatan Sabbang, Luwu Utara, Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid menyapa sekelompok petani yang sedang berada di sawah, Jumat (13/4). Sawah tersebut tak jauh dari lokasi kampanye, kediaman mantan Bupati Luwu Utara, Arifin Junaidi. Tepatnya, sawah berada di belakang lokasi kampanye.

Dalam kesempatan itu, pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar ini dengan ramah mendatangi sekelompok petani yang tengah bercengkrama di bale-bale. Satu persatu mereka bersalaman, petani menyambut hangat kehadiran NH.

Memanfaatkan momen berharaga tersebut, petani pun duduk bersama NH di bale-bale. Mereka menyalurkan aspirasinya karena yakin NH akan berpihak pada nasib petani apabila terpilih jadi gubernur.

Salah satu petani, Rahmani berujar, dirinya mengharapkan adanya bantuan dan perhatian lebih dari pemerintah terkait pengembangan sektor pertanian dalak masyarakat. Ia mengungkapkan, persoalan pupuk masih kerap terjadi kelangkaan. Bahkan, harga pupuk ikut melambung tinggi ketika pupuk sedang langka.

“Semoga diberikan kebijakan khusus untuk petani. Apalagi di sini memang sebagian besar adalah dari kalangan petani,” jelasnya.

Mengatasi hal tersebut, NH berkomitmen dalan menjaga stok pupuk agar tidak terjadi kelangkaan. Rumusan tersebut akan disinkronkan dengan pendirian koperasi di setiap desa.

“BUMDes dan koperasi akan dijaidkan sebagai ujung tombak perekonomian rakyat. Kalau saya jadi gubernur, peraturan paling awal yang disiapkan agar yang boleh menyalurkan pupuk hanyalah koperasi, BUMDes, dan kelompok tani. Sehingga, kita tidak akan alami kelangkaan pupuk karena tahu penyalurnya. Tingga dicek lagi,” tandasnya.

Usai menerima masukan dan aspriasi dari petani Luwu Utara, NH kemudian melanjutkan agenda kampanye di berbagai titik lain. Hari ini, NH akan melakukan blusukan pasar dan kampanye hingga ke Kabupaten Luwu Timur.(*)