Chevrolet Silverado ZH2, Kerbau Ampuh Kendaran Pasukan Elit

6 views

FAJAR.CO.ID – Mobil serba guna selesai dibangun General Motors. Menggunakan basic truk double cabin Chevrolet Silverado. Chevrolet Silverado ZH2 dibangun sebagai kendaraan taktis militer.

Chevrolet ZH2 digerakan oleh tenaga hidrogen yang telah dirancang khusus untuk digunakan dalam kondisi ekstrim. Meskipun ia terlihat lebih kecil dari model yang lain namun kendaraan ini lebih tinggi. Dibekali perlengkapan memadai sebagai model penjelajah.

Carscoops, beberapa waktu lalu menampilkan gambar-gambar gahar mobil ini. Truk pickup ini memiliki ukuran rangka yang diubah untuk keperluan segala medan dan mengakomodir suspensi dinamis multimatic yang mirip dengan yang digunakan pada Colorado ZR2.

Chevrolet Silverado ZH2 mampu menembus padang gurun dan salju. (Carscoops)

Sebagai mobil penjelajah, ia dibekali tiga tangki bahan bakar besar yang mampu menampung bahan bakar hidrogen 700 bar. Mesin baru dengan bahan bakar hidrogen  yang digendongnya menghasilkan listrik untuk paket baterai lithium-ion truk dan powertrain listrik yang memampukannya menjangkau jarak hingga 400 mil (643 km).

Perusahaan pengembangnya belum mengumumkan secara resmi spesifikasinya. Namun situs GM Defense berniat menawarkan kendaraan taktis ringan yang mampu mengemban tugas berat. Dilihat dari tampilannya mobil ini memang disiapkan untuk rescue dan pembuka medan terisolir.

Otoritas GM yakin mobil ini memiliki semua kualifikasi sebagai kendaraan multi-tujuan dari basic truk Chevrolet yang telah memiliki kemampuan jelajah padang gurun yang cukup mumupuni sehingga ia hanya butuh perubahan minim pada beberapa titik termasuk pengembangan teknologi khusus.

Silverado ZH2 lebih tinggi, dengan konfigurasi yang fleksibel, jangkauan yang lebih panjang, dan memiliki kapasitas tangki ditambah baterai mumpuni sehingga waktu pengisian ulang baterai atau hidrogen tidak akan mengganggu masa operasinya.

Kabarnya tipe Silverado untuk pasukan khusus ini akan mulai dipasarkan dalam edisi terbatas pada tahun 2019 mendatang dan kemungkinan akan berdekatan dengan waktu peluncuran saudaranya Chevrolet Silverado HD model 2019 sebagai truk generasi berikut. (wzk/JPC)