Copot 3 Kadis, Anies Sebut Akan Ada Lagi Pejabat yang Digeser

9 views
Opini Bangsa – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot tiga KepalaDinas pada Jumat lalu. Tiga pejabat yang dicopot yaitu Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto, Kepala Dinas perumahan-pemukiman Agustino Darmawan, dan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Indrastuty Rosari Okita.
Menurut Anies Baswedan, ia tidak hanya mencopot 3 pejabat eselon II, dalam waktu dekat akan ada lagi kadis yang digeser dari jabatannya.
“Sudah siklusnya dan ini adalah sebenarnya bukan hanya tiga, nanti akan ada lagi,” kata Anies di Stasiun Senen, Minggu (10/6/2018).
Menurut Anies, salah satu alasan pencopotan kadis adalah DKI memerlukan kinerja yang lebih baik lagi.
“Intinya ini adalah tempat-tempat yang perlu penanganan lebih baik. Misalnya perumahan UPT sudah dilantik, kepala perumahannya juga perlu ada penyegaran,” ujar Anies
Selain itu, alasan lain pencopotan pejabat eselon II itu adalah untuk penyegaran. “Bagian dari fase penyegaran refreshing untuk rotasi para pejabat pemprov DKI,” katanya
Anies Baswedan diketahui menempatkan Pelaksana tugas (Plt) di 3 jabatan itu. Plt Kadisdik DKI ditunjuk Bowo Irianto yang menjabat Wakadisdik DKI. Untuk Plt Kepala BPPBJ DKI adalah Blessmiyanda, sebelumnya menjabat Asisten Deputi Lingkungan Hidup.
Menurut Anies, pencopotan kadis yang terkesan diam-diam atau tanpa pengumuman lantaran belum ada pengganti definitif melainkan baru Plt.
“Karena memang belum definitif, kalau udah definitif kalau udah pelantika. Kalau Plt emang enggak ada pelantikan,” ucapnya
Anies menyebut panitia seleksi masih menggodok nama-nama pejabat definitif yang nantinya akan menempati tiga posisi kadis tersebut.
“Yang sekarang menjadi pejabat mereka statusnya adalah Plt, sampai nanti proses seleksi dengan panitia seleksi berjalan dengan tuntas. Jadi pada fase ini belum ada pejabat definitif. Ini adalah pejabat Plt,” tandas Anies. [opini-bangsa.com / liputan6]