Cukur Gratis Plus Dapat Sepatu Baru di Masjid Cheng Hoo

21 views

FAJAR.CO.ID — Sebanyak 1.000 orang yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki, dan perempuan mengikuti potong rambut gratis di halaman Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Senin (28/5/2018). Tak hanya potong rambut, saat pulang mereka juga mendapatkan bingkisan berupa sepatu baru dan uang transport.

Nampak sejak pagi, pelataran masjid telah dipadati oleh warga yang ingin mengikuti potong rambut gratis.

Acara ini merupakan kerja sama antara Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia Surabaya, dengan Komunitas Baksosis Suroboyo dan dengan Ngasal (Ngaji Komunitas Salon) dan didukung oleh salah produk sepatu.

“Kami mengumpulkan 1.000 orang kaum dhuafa dan anak yatim piatu untuk potong rambut gratis yang ditangani oleh 80 orang dari salon-salon terkenal di Surabaya. Mereka biasanya mematok harga Rp 300 ribu hingga 500 ribu per kepala, namun hari ini kami gratiskan,” ujar H. Abdullah Nurawi, Ketua Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia, Surabaya.

Di tahun keduanya ini, peserta dan relawan pemotong rambut (volunter) meningkat dari tahun lalu.

Tahun lalu, Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo berhasil menggandeng 50 orang tenaga pemotong rambut dengan peserta 700 orang. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun ini lebih meningkat volunternya. Makanya kuota yang kami sepakati 1.000 orang. Tahun depan akan ada banyak lagi,” imbuhnya.

Nurawi menjelaskan, potong rambut gratis ini merupakan program sosial dari Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya yang dilakukan setiap bulan ramadan.

“Yang tidak terpikirkan kan kadang­kadang kaum dhuafa dan anak yatim juga kepingin potong rambut saat menjelang Idul Fitri. Bagaimana kita meringankan beban agar lebih cantik dan cakep saat Idul Fitri,” imbuhnya.

Selain potong rambut gratis, Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia Surabaya juga mengadakan berbagai kegiatan berkaitan dengan sosial dan keagamaan selama bulan Ramadhan.

Di antaranya adalah bagi­bagi zakat mal di wilayah yang kumuh dan santunan kepada anak yatim. Selain itu, kegiatan keagamaannya yakni tarawih setiap hari dan sahur bersama.

Kemudian, dilanjutkan dengan salat berjamaah dan kuliah pagi setiap minggu selama ramadan.

“Insya Allah selalu penuh, kegiatan ini supaya masjid ini lebih makmur dan lebih banyak manfaatnya kepada umat,” pungkasnya. (radarsuabaya/jpg)