Cuma Lima Menit, Aduan Masyarakat Direspon Pemprov

11 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kini masyarakat Sulsel tak perlu lama menunggu pengaduannya ditangani Pemprov Sulsel. Pasalnya, saat ini Pemprov Sulsel memiliki aplikasi layanan pengaduan cepat tanggap.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, baru-baru ini telah meluncurkan Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel, Kamis (18/10) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel.

Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini merupakan website yang akan melayani aduan terhadap berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfo SP), Andi Hasdullah menjelaskan, Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel aplikasi ini
merupakan layanan smart office berbasis media sosial. Websitenya sendiri sudah bisa didownload di play store.

“Aplikasi ini merupakan sebuah jawaban dalam rangka memberi ruang terhadap publik untuk berinteraksi dengan pemerintah provinsi. Masyarakat bisa sampaikan aspirasinya lewat facebook, instagram, dan media sosial lain berbasis android,” ungkap Andi Hasdullah.

Dia mengatakan, pengaduan yang masuk dari masyarakat akan segera ditindaklanjuti dengan cepat, tepat, dan tuntas.

Alur aduan yang masuk di media sosial
terlebih dahulu akan diverifikasi. Jika identitas pelapor, konten aduan, pesan
sudah jelas, kemudian diteruskan ke aplikask Baruga Sulsel yang langsung terkoneksi dengan aplilasi aduan lapor Spam yang berlaku secara nasional.

“Dari situ, kita kemudian melakukan disposisi penyelesaian. Kalau aspirasi atau aduan berkaitan dengan kewenangan kabupaten/kota, kita disposisi ke pemda, dan seterusnya,” jelas Andi Hasdullah. (rhm/bkm/fajar)