Daftarkan Bacaleg di KPU, Ini Sejumlah Artis yang Maju Bersama

36 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai NasDem telah resmi mendaftarkan bakal nama caleg (bacaleg) di Kantor KPU, Senin (16/7) siang. Partai besutan Surya Paloh itu memberikan 20.391 dari 2552 daerah pilihan (dapil) di seluruh Indonesia.

Dalam puluhan ribuan nama tersebut, partai Nasdem menyebut bacaleg berasal dari berbagai kalangan profesi. Mulai dari profesional, politikus, jurnalis bahkan yang paling menuai sorotan adalah kehadiran para artis.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menyebut, tidak mengetahui secara pasti jumlah artis yang diajukan partainya sebagai bacaleg. Namun, ia menyebut tak sedikit artis yang berada di dalam barisannya.

Namun, ia pun sempat mengingat beberapa artis ternama yang bakal menjadi lumbung suara partainya. Mereka adalah artis senior Oki Asokawati, Model sekaligus artis Manohara Odelia Pinoj dan penyanyi dangdut, Kristina.

“Ada banyak sekali berapa puluh (bacaleg artis) saya tidak hafal berapa persisnya,” kata Johnny di Kantor KPU, Jakarta, Senin (16/7).

Selain nama tersebut, terlihat pula pada kantor KPU artis-artis lainnya, seperti Krisna Mukti, Tessa Kaunang, Nafa Urbach. Namun demikian, belum diketahui pasti apakah ketiga nama tersebut akan maju pula sebagai bacaleg partai NasDem.

Johnny menambahkan, profesi pekerja seni seperti kalangan artis dibutuhkan sebagai saluran politik dalam rangka legislasi untuk mendukung profesi seni dan budaya Indonesia. Sehingga diharapkan peran dan partisipasi politik artis dalam barisan partai NasDem.

“Ini cukup menyenangkan hati dan membanggakan hati bahwa partisipasi politik dari kelompok-kelompok profesi tertentu. Dengan dibukanya program Indonesia memanggil, partisipasi itu ternyata besar di Indonesia,” ungkap Johnny.

Saat disinggung mengenai apakah merekrut artis menjadi strategi bagi partai NasDem, Johnny tak sepenuhnya menampik. Sebab, selain memiliki popularitas, artis juga dapat menjadi saluran politik bagi profesi pekerja seni.

“Kalau strategi itu macem-macem strateginya termasuk strategi artis. Kita akui artis punya popularitas yang tinggi. Dari keterkenalan tinggi itu tentu perlu ada kerja politik, supaya menjadi basis elektoral,” pungkasnya. (aim/JPC)