Demi Kemanusiaan, Mesir Kembali Buka Akses Jalan bagi Warga Gaza

8 views

FAJAR.CO.ID — Untuk ketiga kalinya, Mesir membuka perbatasan mereka dengan Palestina di Penyebrangan Rafah. Perbatasan dibuka pada Jumat (23/3/2018) dan sabtu (24/3/2018) atas alasan kemanusiaan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (23/3/2018), Penyeberangan Rafah adalah satu-satunya jalan keluar bagi warga Gaza kecuali ke Israel, tetapi Mesir sebagian besar menutupnya dalam beberapa tahun terakhir dengan alasan ancaman keamanan.

Pihak berwenang Mesir memiliki hubungan yang buruk dengan para penguasa Gaza, yakni kelompok militan Hamas.

Selama ini, pasukan dan polisi Mesir terlibat konflik sengit dengan kelompok militan bersenjata yang berafiliasi dengan Islamic State (IS), terutama di Sinai Utara.

Selama lebih dari satu dekade, Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Gaza. Menurut para kritikus, Israel sama saja melakukan hukuman kolektif terhadap dua juta penduduk Palestina di wilayah pesisir Gaza itu.

Israel mengatakan, blokade diperlukan untuk mengisolasi Hamas. Mesir juga menjaga perbatasan Rafah yang sebagian besar ditutup selama beberapa tahun.

Pada bulan Oktober, Mesir menengahi perjanjian rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah, partai Presiden Palestina Mahmoud Abbas seharusnya melihat Hamas menyerahkan kekuasaannya di Gaza. Namun kesepakatan itu gagal dan malah membuat kedua kelompok Palestina itu berdebat sengit. (ina/JPC)