Di Kota Ini Tembakan Meriam Menjadi Tanda Waktu Berbuka Puasa

38 views

FAJAR.CO.ID — Selama Ramadan, meriam akan ditembakan di enam tempat di seluruh kota sebagai tanda waktu berbuka puasa di Dubai.

Asisten Kepala Komandan Community Happiness di Dubai Police, Mayor Jenderal Mohammad Saeed Al Merri, mengatakan, meriam akan ditembakkan untuk mengumumkan dimulainya hari pertama Ramadan dan setiap waktu berbuka puasa.

“Meriam akan ditempatkan di enam wilayah di seluruh kota. Sudah menjadi tradisi di Uni Emirates Arab (UEA) untuk menggunakan meriam untuk mengumumkan berbuka puasa setiap hari,” ujar Al Merri.

Seperti dilansir Gulf News, meriam akan ditembakkan sekali setiap harinya untuk mengumumkan waktu berbuka puasa. Kemudian dua kali berturut-turut untuk mengumumkan Idul Fitri di akhir Ramadan, Rabu (16/5/2018).

Meriam tentara Dubai merupakan meriam buatan Inggris PDR MK1L Cannons 25. Meriam itu menggunakan amunisi kaliber 25 mm dan memiliki jangkauan suara 170 desibel yang dapat didengar sejauh jarak 10 kilometer.

Meriam yang dibuat pada 1945 tersebut dapat dilihat selama Ramadan di dekat tempat doa yang terletak di Deira, Tanag Doa Al Karama, Zayed Bin Mohammad Center di Al Mizhar, Mina Al Salam di Jumeirah, Burj Khalifa, dan City Walk.

Tidak perlu khawatir karena meriam menembakkan katrid kosong yang hanya berisi bubuk hitam dan tidak berbahaya. Al Merri kembali menambahkan bahwa meriam telah menjadi salah satu simbol lokal Ramadan, juga perusahaan wisata telah menambahkan proses penembakkan meriam sebagai bagian dari objek wisata di kota tersebut. (trz/JPC)