Di Luwu Raya, Aziz Qahhar Komitmen Kembangkan UMKM Kripik Kapurung

2 views

FAJAR.CO.ID, LUWU — Calon Wakil Gubernur Sulsel nomor urut satu, Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar semaki serius menggarap basis yang juga kampung halamannya, Luwu Raya. Pasangan Nurdin Halid dalam Pilgub Sulsel ini mengunjungi sejumlah titik di Bumi Sawerigading ini.

Di antaranya, Aziz Qahhar menyambangi UMKM Melindo di Salulemo, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (8/4). Selain gencar menggelar kampanye dialogis, legislator DPD RI tiga periode berturut-turut ini gemar turun langsung mengamati aktivitas warga.

Saat mengunjungi UMKM Melindo, Aziz Qahhar diterima langsung oleh pemilik usaha, M. Sakaruddin. Ia pun menyampaikan kondisi usaha serta menyalurkan aspirasinya dalam kesempatan berharga tersebut. Adapun UMKM Melindo bergerak di bidang produksi kripik kapurung, makanan khas Luwu Raya.

Kata M. Sakaruddin, UMKM yang dirintisnya telah cukup mampu mengangkat perekonomian warga setempat. Sejak dirintis, usaha ini telah bergerak dan menampung pekerja. Bahkan, pelatihan bagi 230 pekerja rutin digelar tiap pekannya.

Penyaluran kripik kapurung oleh UMKM Melindo juga telah berkembang dengan distribusi tertinggi hingga mencapai 300.000 bungkus. Tak hanya di Sulsel, kripik UMKM Melindo juga didistribusikan ke Jambi, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Sayangnya, imbuh H. Sakaruddin, belum ada perhatian serius dari pemerintah dalam mengembangkan UMKM ini agar dapat lebih maju. Ekspansi yang dilakukan hanya menggunakan dana swadaya sehingga kerap terkendala.

“Sampai saat ini, belum ada perhatian serius dari pemerintah. Mudah-mudahan ke depannya, Ustad Aziz bisa lebih membantu pengembangan UMKM di Sulsel, termasuk Luwu Raya,” pesannya.

Menanggapi hal tersebut, Aziz Qahhar berkomitmen untuk pro terhadap ekonomi kerakyatan. Pengembangan UMKM di setiap daerah akan dimaksimalkan dengan mengandalkan potensi masing-masing. Seperti UMKM Melindo di kawasan Luwu Raya dengan memproduksi kripik kapurung.

“Ekonomi sebenarnya harus berbasis rakyat agar rakyatlah yang mandiri.Jika kami yang terpilih maka kami akan lebih meningkatkan lagi kegiatan usaha seperti itu,” tegasnya. (*)