Dibully Soal Atribut Sea Games, Begini Jawaban Sejuk Anies Baswedan

20 views
Opini Bangsa – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pernyataan dan instruksi menanggapi viralnya bully-an di media sosial terkait atribut Sea Games yang dipasang menggunakan bambu di kawasan Pluit, Jakarta Utara pada Selasa (17/7/18).
“Semalam secara lisan dan memo pada Walikota, bendera yg dicopot oleh petugas dari Pemprov, diinstruksikan untuk dipasang kembali. ” kata Anies melalui akun fesbuknya pada Rabu (18/7/18) pagi.
Anies memutuskan mengambil langkah memberi izin meski mendapatkan bully-an di media sosial karena mengapresiasi semangat dan inisiatif warga yang memasang atribut Sea Games.
“Jangan biarkan semangat dan kerja nyata warga menyambut Asian Games direndahkan dan dikalahkan oleh ejekan lewat kerja jempol di Media Sosial.” tegas mantan Menteri Pendidikan Nasional itu.
Izin yang diberikan, lanjut Anies, juga menunjukkan keberpihakan Pemerintah Provinsi kepada semua warga Jakarta.
“Semoga bisa jadi bahan refleksi dan pedoman dalam memandang kegiatan dan dalam keberpihakan.” tegasnya.
Dalam instruksinya yang berbentuk memo kepada Walikota Jakarta Utara, Anies mengapresiasi inisiatif warga, meski atribut Sea Games dipasang dengan bambu yang terlihat rapuh dan miring.
“Jangan sekali-kali anggap rendah tiang bendera dari bambu. Itulah tiang yang ada di rumah-rumah rakyat kebanyakan. Penjualnya rakyat kecil. Pengrajinnya pengusaha kecil. Penanamnya ada di desa-desa. Biarkan hasil panen rakyat kecil, hasil dagangan rakyat kecil ikut mewarnai Ibu Kota. Jangan hanya gunakan tiang besar buatan pabrik yang ukuran kekayaannya sudah raksasa.” tulis Anies dalam bentuk memo kepada Walikota Jakarta Utara.
Sebagaimana diketahui sebelumnya, ada atribut Sea Games berupa bendera negara yang berlaga dipasang di Jakarta Utara. Tiang bendera yang terbuat dari bambu terlihat miring.
Netizen mengunggahnya ke laman media sosial, lalu rama membully. Bully-an dialamatkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, padahal pemasang adalah warga Jakarta Utara atas inisiatifnya sendiri guna meramaikan Sea Games 2018 yang akan dihelat di Jakarta dan Palembang. [opini-bangsa.com / tarbawia]