Didemo Suporter, Ini Tanggapan Robert

5 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Albert menanggapi santai soal demontrasi suporter beberapa waktu lalu. Suporter kecewa atas hasil imbang kala menjamu PS Barito Putera pada Kamis (13/9/2018) lalu.

Bahkan, beberapa dari mereka sempat mengadang bus tim yang hendak keluar dari stadion dan menyuruh sang pelatih untuk turun. Hal itu dipicu atas karena rentetan hasil buruk skuad Juku Eja dalam lima pertandingan terakhir.

Menurut pelatih asal Belanda itu, apa yang dilakukan suporter merupakan hal wajar dalam sepak bola. Dia mengatakan aksi itu merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap tim kebanggaan.

“Mereka punya kecintaan terhadap tim. Mereka melakukan itu dengan sopan dan damai, jadi tidak ada masalah dengan itu,” kata Robert di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (15/9/2018).

Eks pelatih Arema Indonesia ini menambahkan bahwa tekanan terhadap tim sebenarnya tidak datang dari luar. Untuk itu, ia tak terlalu mempermasalahakan apa yang telah dilakukan oleh suporter.

“Di dalam dunia keprofesionalan presure itu tidak datang dari luar, tapi seharusnya presure datang dari dalam diri kita. Presure dari fans menunjukkan ini lah kecintaan mereka,” ujarnya.

Sejauh ini, PSM Makassar tengah berbenah untuk mengatasi hasil-hasil imbang dalam empat pertandingan terakhir. Laga selanjutnya, tim ayam jantan dari timur bakal melawan PS Tira dalam lanjutan pekan ke-22 Liga 1 Indonesia 2018. (muh aliyafid)