Ditarik dari Dirdik KPK, Polri Belum Tentukan Jabatan Baru untuk Aris Budiman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polri belum dapat memastikan penugasan baru Brigjen Pol Aris Budiman yang akan ditarik dari Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Mabes Polri. Nama Aris Budiman sempat mencuat setelah melaporkan penyidik sebior KPK, Novel Baswedan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan proses penarikan dari KPK belum dapat dilakukan karena masih menunggu adanya pengganti Direktur Penyidikan KPK yang ditinggalkan Aris Budiman.

“Kan belum tahu penggantinya,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (28/3).

Disinggung soal jabatan apa yang akan diisi Aris Budiman di Polri nanti setelah ditarik dari KPK, Iqbal mengaku belum mengatahuinya.

“Belum kita menunggu proses KPK. Kita tarik polri lah. Dia kan masih muda dan dia rekam jejaknya baik. Masih banyak energi disumbangkan untuk negara dan kepolisian ini,” tutupnya

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membenarkan Dirdik KPK Brigjen Pol Aris Budiman akan ditarik kembali ke Polri. Dia mengatakan penarikan tersebut dalam rangka promosi jabatan.

“Promosi, kayak Heru (Winarko), Deputi Penindakan (KPK) yang juga promosi ke (Kepala) BNN,” kata Saut saat dikonfirmasi, beberapa waktu lalu.

Saut mengatakan pihaknya tidak bisa menahan Aris Budiman untuk tetap bekerja di KPK jika pihak Polri menariknya. Menurut dia, kinerja Aris sebagai Ditektur Penyidikan KPK cukup baik dan inovatif. (lan/fajar)