Ditegur KPK, Lelang Gula Rafinasi Dihentikan

17 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setelah sempat diprotes beberapa pihak termasuk KPK, akhirnya proses lelang untuk gula rafinasi dihentikan.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyatakan bakal mencabut Peraturan Menteri Perdagangan tentang lelang gula rafinasi. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Aturan lelang gula rafinasi lewat pasar komoditas sebelumnya diatur dalam Permendag Nomor 16 Tahun 2017, Permendag Nomor 40 Tahun 2017, dan Permendag Nomor 73 Tahun 2017.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Makassar, Muammar Muhayang mengaku bahwa pengurus pusat Apindo sebelumnya memang telah melayangkan surat ke presiden Joko Widodo untuk membatalkan lelang gula rafinasi.

“Selain dari Apindo, KPK juga telah memberikan rekomendasi untuk menghentikan lelang gula rafinasi. Artinya bahwa memang sudah seharusnya dihentikan saja,” tutur Muammar, Kamis, 12 April.

Muammar kembali menguraikan, beberapa masalah terkait lelah gula rafinasi antara lain dalih dengan adanya lelang akan membantu pelaku IKM justru tidak terbukti, atau akan membebani.

“UKM misalnya harus beli 1 ton atau 5 ton. Padahal IKM misalnya hanya butuh 1 kuintal. Belum lagi harus bayar di muka, padahal dulu bisa kredit dulu setelah laku baru dibayar,” ujarnya.

Selain itu pasar lelang gula kristal rafinasi juga menimbulkan tambahan biaya bagi pelaku industri besar yang selama ini sudah bertransaksi secara business to business dengan importir-produsen. (abd/fo/fajar)