DJ Terkenal Terlibat Jual-Beli Puluhan Gadis Afrika

20 views

FAJAR.CO.ID — Rantai perdagangan manusia untuk pelacuran ini dibongkar polisi Spanyol. Dalam operasi yang dilakukan, 89 orang dilaporkan ditangkap, termasuk DJ ‘terkenal’ yang namanya belum diumumkan oleh kepolisian.

DJ terkenal itu dinyatakan terlibat dalam perdagangan 39 gadis muda yang kemudian dijadikan pelacur.

Badan Kejahatan Nasional (NCA) mengatakan, para korban yang sebagian besar berusia di bawah 18 tahun telah menjalani ritual voodoo ‘juju’ di Nigeria untuk memaksa mereka mematuhi perintah.

Setelah diperdagangkan ke Spanyol melalui Libya dan Italia, gadis-gadis itu disimpan di rumah-rumah gua di kota tenggara Almeria. Mereka kemudian dipaksa menjadi pelacur untuk membayar ‘hutang’ lebih dari £ 26.000. Mereka berhutang kepada organisasi untuk perjalanan mereka ke Eropa.

Europol mengatakan DJ telah membantu mentransfer para korban ke Spanyol dan ‘mengatur eksploitasi seksual’ di beberapa provinsi. Dikatakan rekening bank yang digunakan oleh jaringan untuk mencuci lebih dari 300.000 euro telah diblokir.

“(Ini) adalah geng kejahatan yang sangat terorganisir, mengeksploitasi wanita muda untuk jangka waktu yang panjang, membuat mereka dalam kondisi yang mengerikan di mana mereka tahu tidak akan ada jalan keluar,” kata wakil direktur NCA Tom Dowdall dalam sebuah pernyataan.

Europol mengatakan penggerebekan dilakukan di 11 kota Spanyol November lalu tetapi operasi itu tidak dapat diumumkan hingga Kamis untuk menghindari investigasi yang membahayakan.

NCA mengatakan polisi juga telah menangkap seorang wanita Nigeria di Manchester tahun ini yang mereka yakini sedang mengendalikan beberapa korban di Spanyol. Dia berada dalam tahanan menunggu ekstradisi ke Spanyol, katanya. (Metro/amr/fajar)