Dongkrak Perekonomian, 100 IRT Belajar Menjahit

8 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 100 peserta dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Makassar, mengikuti kegiatan jahit-menjahit yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Makassar di Hotel Denpasar, Selasa (25/9/18).

Kegiatan jahit menjahit atau sulam menyulam ini sudah diadakan sebanyak tujuh kali, dan melibatkan para ibu rumah tangga ini diambil dari setiap kecamatan di kota Makassar.

“Pastinya kegiatan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta yang dikhususkan pada ibu-ibu rumah tangga,”kata Kepala Bidang Pendidikan dan Penyuluhan Dinas Koperasi dan UMKM Makassar, Suryanti Kalsum.

Ia berharap, kegiatan jahit menjahit memberikan nilai positif bagi ibu rumah tangga dalam hal penghasilan. Bahkan bisa menopang perekonomian keluarga.

“Kita berharap ibu rumah tangga ini punya kegiatan khusus yang bisa menghasilkan, seperti kegiatan jahit menjahit dan menyulam, itu kan bisa dilakukan di rumah,”lanjutnya.

Sementara itu, untuk perkembangan usaha dari setiap pelaku UMKM di Makassar, Suryanti mengaku pihak Dinas Koperasi dan UMKM kota Makassar akan memfasilitasi pengambilan modal di perbankan.

“Kalau permodalan mungkin kami tidak bisa memberikan kepada UMKM, tetapi memfasilitasi mungkin bisa. Seperti memfasilitasi pada perbankan untuk mengambil kredit, karena di dinas koperasi ada bidang yang memiliki fungsi untuk memfasilitasi UMKM,”jelasnya. (sul/fajar)