Edukasi Satwa di Floating Zoo F8

6 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum (F8) semakin meriah tahun ini. Ada delapan zona yang tersebar di sepanjang 1,7 kilometer Anjungan Pantai Losari.

Dari semua zona, Floating Zoo jadi pusat perhatian pengunjung di F8 tahun ini.Zona ini tak pernah sepi pengunjung.

Antrian panjang menjadi pemandangan wajar sejak zona ini dibuka, mulai pukul 05.00 Wita hingga 22.00 Wita. Ada sebelas jenis hewan yang bisa dikunjungi di tempat tersebut. Seperti ular, iguana, kura-kura darat, landak mini, merpati hias, burung parkit, sugar glider, ayam kate, ayam serama, kelinci, dan tedong bonga dihadirkan dalam satu ponton seluas 16 x 40 meter.

Kurator Flora dan Fauna F8, Rama, mengatakan, zona ini sengaja dibuat dengan konsep tradisional, dengan menyatukan unsur bambu, tanaman hijau dan kayu untuk memberikan rasa nyaman kepada binatang maupun pengunjung. Mini zoo ini, sangat cocok untuk anak usia sekolah.

Selain memperkenalkan berbagai jenis hewan langka, juga mengedukasi anak-anak. Pasalnya, selain memasang papan bicara, untuk masing-masing binatang selalu ada pemandu yang menjelaskan kepada pengunjung.

Kata dia, rata-rata pengunjung untuk zona ini bisa mencapai 5.000 orang perharinya. Dia berharap agar mini zoo ini setidaknya bisa menambah pengetahuan seluruh pengunjung. Sedikitnya, ada 30 komunitas yang ikut terlibat dalam event tersebut.

“Makassar inikan belum memiliki kebun binatang, jadi kita juga menawarkan unsur edukasi, khususnya bagi anak-anak usia sekolah,” ujar Rama.

Sementara itu, Agung yang datang bersama istri dan anaknya mengaku takjub dengan mini zoo yang ada di event tahun ini. Apalagi, zona ini sangat mengedukasi pengunjung.
“Keren, konsepnya betul-betul alam, dan ini sangat mendidik,” singkatnya.

Senada dengan itu, Irma, salah satu pengunjung juga mengaku senang dengan adanya zona floating zoo. Sebab, sangat jarang ditemui berbagai jenis hewan langka dalam satu kawasan.

Hanya saja, dia berharap agar mini zoo ini bisa tetap ada. Jika perlu, jenis hewan dan luas kawasannya ditambah.
“Ini bagus, cuma kalau perlu di tambah lagi spacenya. Tapi mungkin karena baru jadi yah sudahlah, tapi kalau ada lagi semoga bisa lebih luas,” sebutnya.

Eka yang hadir bersama putrinya yang masih berusia 1 tahun merasa senang karena pemerintah hadir dengan berbagai kegiatan yang mengedukasi.

“Bisa menjadi edukasi untuk anak-anak. Disini banyak hewan yang sudah langka. Jadi, betul-betul mini zoo,” ucapnya.

Di tempat lain, juga ada begitu banyak pegelaran. Dipanggung utama misalnya. Di hari ketiga, ada begitu banyak kegiatan di masing-masing stage. Seperti di mainstage ada pameran poster film, buku fiksi, budaya, kemudian forum diskusi.

Malam hari, ada penayangan film antara lain, politik meja makan, kacau, Ri Balla’, Wae. Untuk pertunjukan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh komunitas aksara Fakultas Ilmu Pendidikan hingga penampilan artis nasional Maria Calista

Management Aryaduta Makassar turut menyukseskan F8. Pada Booth Aryaduta menyediakan spot foto yang sangat menarik. Booth yang dihiasi dengan suasana salju dan karakter tokoh kartun Frozen ini digunakan pengunjung untuk mengabadikan keberadaan mereka pada event yang bertaraf internasional ini.

“Kami sengaja mengambil tema Frozen pada booth kami, karena tokoh pada Frozen ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, khususnya anak-anak,” ungkap Nathalia, Marketing Communication Aryaduta Hotel Makassar, Jumat (12/10).

Saat hari pertama, booth Aryaduta dikunjungi oleh banyak pengunjung. Setelah memesan makanan dan minuman, mereka segera bergegas untuk berfoto di dalam booth yang sudah dihiasi dengan tema Frozen, The Land of Snow.

Tak hanya itu, Aryaduta juga menyediakan beberapa macam jajanan ala Hotel Bintang Lima dengan harga yang sangat terjangkau.
“Masakan-masakan ini dimasak langsung oleh Chef Profesional dari hotel kami. Mereka menyajikan menu-menu favorit yang dijual di hotel kami, seperti grill seafood sambal matah Bangkok, stir fried chicken with blackpepper sauce, grill beef sausage, es campur tropical dan berbagai macam minuman,” urainya.

Selain itu, juga ditawarkan paket-paket menarik mulai dari paket kamar, ruang meeting, paket ulang tahun, paket makan malam, sampai paket pernikahan dan masih banyak lagi.

“Yang membuat booth kami lebih menarik kali ini selain makanan, spot foto, booth kami juga di hibur oleh music DJ yang dimainkan setiap malam selama F8 berlangsung,” imbuhnya. (armansyah-arini/raksul/fajar)