Empat Warga Perusak Lahan Perkebunan Divonis Bebas

8 views

FAJAR.CO.ID, MARABAHAN – Empat terdakwa perkara perusak lahan perkebunan singkong divonis bebas oleh majelis hakim diketuai Ardhi Wijayanto, di Pengadilan Negeri Marabahan,  Rabu (8/8) sore.

Putusan vonis bebas untuk para terdakwa warga Ray 5 Desa Tabing Rimbah Mandastana,  yaitu Ngadenan (66), Eugenius Sugimin (77) dan Ngatino (55), serta Rebini (45), sentak membuat pihak pelapor,  Tumen kecewa. Ia menuding pengadilan tak adil.

Sidang berjalan alot, pihak kepolisian dari Polres Batola dari semua satuan terlihat siaga menjaga proses persidangan yang memakan satu jam saat hakim membacakan amar putusan.

Menurut Tumen, keputusan majelis hakim tidak memiliki keadilan sebenarnya. Pihaknya keberatan dan kecewa dengan majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut. Padahal jelas perbuatan para terdakwa benar adanya dengan merusak kebun singkong miliknya.

“Sebenarnya 7 kali dilakukan oleh 11 orang, tetapi satu kali tertangkap tangan dan menyeret 4 orang terdakwa yang terbukti bersalah,” ujarnya seraya berharap pihak kejaksaan melakukan upaya banding.

Terpisah,  Malter S Sirait,  Humas PN Marabahan merespons santai. Ia menyebut jika itu hak pelapor dengan memberikan keterangan. Namun ia tegaskan majelis sejak awal persidangan tidak ada interpensi ataupun permainan hukum. “Setiap putusan perkara yang ditangani majelis  itu adalah putusan mutlak atas musyawarah majelis dan tidak bisa dipengaruhi siapapun,” tegasnya. (lan)