Gempa Bitung Terasa Sedang Selama 5 Detik, BNPB: Masyarakat Tak Panik

2 views

FAJAR.CO.ID, MANADO – Gempa 5,2 SR mengguncang Kota Bitung, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (13/10) pada pukul 11.34 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, guncangan gempa tersebut dalam level sedang dan relatif singkat. Hal itu menyebabkan masyarakat tidak merasa panik.

“Gempa dirasakan sedang selama 5 detik. Masyarakat tidak panik,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (13/10).

Hasil analisis terkini BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 1.36 LU dan 125.46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 kilometer arah tenggara Bitung pada kedalaman 115 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat dampak gempabumi dirasakan di daerah Bitung dan Tondano pada skala III MMI, Manado pada skala II MMI dan Airmadidi juga pada skala II-III MMI.

Hingga pukul 12.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock. “Saat ini belum ada laporan kerusakan,” kata Rahmat secara terpisah.

Lebih lanjut dia menerangkan, gempa Laut Maluku ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi menengah, akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

“Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar berupa sesar oblique naik (oblique thrust),” terang dia. (yes/JPC)