Genting Dream Bikin Pariwisata Bintan Makin Bergairah

22 views

BINTAN – Sektor pariwisata Bintan kian bergairah. Sebab, kapal pesiar Genting Dream Cruise berencana sandar secara reguler. Jumlah kunjungan wisman dan pamor pariwisata Bintan dipastikan ikut terkatrol.

Genting Dream Cruise memiliki kapasitas hingga 6.000 orang. Rencananya, Genting Dream akan sandar 4 kali sebulan. Kunjungan perdananya akan dimulai 7 Juli 2018. Agenda ini sebenarnya mundur hampir sebulan dari rencana awal 6 Juni. Pertimbangan non teknis menjadi pertimbangannya.

“Kedatangan Genting Dream Cruise secara reguler akan menjadi momentum positif bagi Bintan. Lebih mengesankan lagi, Genting Dream Cruise ini akan sandar secara rutin. Semoga kunjungan perdana dari Genting Dream Cruise ini sesuai schedule dan tidak direvisi lagi,” ungkap Deputi Pemsaran I Kemenpar I Gde Pitana, Sabtu (19/5).

Rencana bersadarnya Genting Dream Cruise tersebut sudah dibahas stakeholder beberapa waktu lalu. Mereka adalah Pemerintah Kabupaten Bintan, manajemen Genting Dream Cruise, dan pengelola Bintan Resorts. Kapal ini rencnanya akan bersandar di Pelabuhan Bintan Resorts, Lagoi, pada pagi hari.

Menurut Pitana, Bintan akan mendapatkan banyak keuntungan dari kedatangan cruise ini.

“Pariwisata Bintan jelas akan naik dengan kehadiran Genting Dream ini. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh Bintan. Keuntungan ekonomi pasti, tapi lebih penting image pariwisata Bintan akan terus naik. Sebab, kapal ini memang istimewa,” lanjut Pitana.

Bergabungnya Genting Dream membuat jalur laut pariwisata semakin seksi. Sebab, Genting Dream merupakan kapal termewah di Asia Pasifik. Desainnya setara hotel bintang lima. Kapal pesiar ini memiliki 19 lantai dan dilengkapi 1.686 kamar. Harganya pun diperkirakan lebih dari USD1 Miliar.

Untuk fisik, Genting Dream memiliki panjang 335,55 meter, lebar 39,7 meter, ukuran 150.695 GT. Kapal pesiar mewah ini dapat melaju dengan kecepatan 23 knot.

“Kapal ini jumbo dan mewah. Perpaduan yang luar biasa dan ideal. Dengan daya tampung yang besar, potensi tambahan kunjungan wisman akan semakin maksimal. Semoga rencana sandar kapal ini lancar sesuai dengan rencana,” tutup Pitana lagi.

Bila Genting Dream Cruise ini merapat secara reguler, postur kunjugan wisman ke Bintan akan gemuk. Apalagi, persentase kunjungan wisman ke Bintan memang yang tertinggi di Kepulauan Riau (Kepri). Sepanjang Maret 2018, persentase kenaikan kunjungan wisman di Bintan 23,89%. Imbasnya, rapor kunjungan wisman di Kepri ikut terkatrol naik 13,69% dari bulan sebelumnya.

Tahun 2017 kunjungan wisman ke Bintan berdasarkan pintu masuk, adalah terbanyak ke 4 di Indonesia. Atau setelah Bali, Jakarta dan Batam.

“Kapasitas angkut Genting Dream Cruise ini sangat besar. Jumlah kunjungan per bulannya juga banyak. Jadi, otomatis wilayah Bintan ini akan dapat suntikan jumlah wisman sangat besar. Untuk memberikan kesan maksimal, beberapa rencana juga sudah kami disiapkan,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh

Menyajikan nuansa khas, penumpang Genting Dream Cruise akan diajak menikmati berbagai destinasi unggulan di Bintan. Melengkapi pesona nature, beragam seni dan parade budaya Melayu pun akan ditampilkan. Untuk mengangkat potensi wisata belanja dan kuliner, UKM dilibatkan. Untuk urusan kuliner, Bintan juaranya. Ada gonggong, kue lapis, hingga otak-otak.

“Mereka rencananya akan kami ajak berkeliling menikmati keindahan beberapa destinasi di sini. Untuk destinasi selalu siap, lengkap dengan beragam parade seni budayanya. Dengan masuknya UKM-UKM di wilayah ini, maka liburan para wisman ini semakin lengkap. Semua akan diuntungkan,” tutur Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Area II Hendri Noviardi.

Setelah singgah di Bintan, Genting Dream Cruise akan melanjutkan perjalanannya ke sejumlah destinasi. Ada Bali, Malaysia, Thailand, Vietnam, juga Hong Kong.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zainal menambahkan, para wisman dari Genting Dream Cruise akan mengunjungi objek wisata di Bintan dan Tanjungpinang.

“Beberapa objek favorit yang sudah disurvei tim manajemen diantaranya
Lagoi, Trikora, Kampung Nelayan, Pulau Penyengat dan lokasi menarik lainnya,” paparnya.

Rencana bersandarnya Genting Dream Cruise ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, destinasi wisata di Indonesia adalah terbaik dengan keunggulan atraksi, amenitas, dan aksesibilitasnya.

“Bila Genting Dream Cruise ini berkunjung tentu sangat luar biasa. Daya angkutnya besar. Kemampuan spending wisatawannya juga besar. Pariwisata Bintan pasti akan tumbuh lebih cepat. Artinya, tingkat kesejahteraan masyarakat akan tinggi. Pendapatan asli daerahnya juga positif,” pungkasnya. (*)