Gerindra Akui Duo Anies Punya Peluang Dampingi Prabowo

17 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Gerindra tetap konsisten mengusung Prabowo Subainto sebagai calon Presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Ketegasan ini kembali disampaikan oleh Dewan Penasehat Partai Gerindra Muhammad Syafi’i kepada wartawan di Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa (27/3). Menurut Syafi’i, mencalonkan Prabowo sebagai Capres 2019 adalah harga mati. “yang jelas kita sedang memproses, karena mencalonkan Prabowo sebagai Capres bagi Gerindra itu harga mati,” ucap Syafi’i.

Lelaki yang biasa disapa Romo itu juga menuturkan, Partai Gerindra menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo untuk memilih calon Wakil Presiden (Cawapres). Namun begitu, Romo mengakui Partai Gerindra lebih mengutamakan calon yang memiliki kredibiltas dan elektabilitas dari calon Wapres tersebut.

“Kita percayakan pada beliau untuk memilih siapa calon wakil yang akan mendampinginya. Yang pertama tentu soal kredibiltas dari calon itu sendiri, dan yang kedua juga pada elektabilitas terhadap partai koalisi karena Gerindra tidak bisa mencalonkan sendiri. Masih membutuhkan dukungan dari partai-partai lain agar mencukupi 20 persen,” kata Romo.

Saat disinggung soal sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, politisi asal Sumatera Utara itu tidak menapik bahwa Anies Baswedan memiliki peluang tersebut. Selain Anies Baswedan, Romo juga menjelaskan, bahwa mantan Presiden PKS Anies Matta juga memiliki hal yang sama dengan Anies Baswedan untuk mendampingi Prabowo Subianto.

“Saya kira semuanya masih sangat mungkin. Bukan cuman Anies Baswedan aja, Anies Matta juga bisa. Anies sekarang ada dua dan memiliki peluang yang sama,” akui Romo.

Romo menjelaskan, pembahsan terkait pengusungan Prabowo sebagai Capres 2019 sudah dilakukan sejak lama. Di awal pembahsan, kata Romo ada 15 nama yang diusulkan sebagai calon wakil Prabowo, dan kini sudah mengerucut ke tiga nama. “ow itu dibahas sejak lama. Bahkan dari 15 nama menjadi 5 nama dan sekarang sudah menjadi 3 nama. Itu prosesnya panjang. Tapi, kita ngga bisa memutuskan sendri dan memang sangat prematur kalau sekarang kita sampaikan siapa calonnya,” jelasnya.

Diketahui, Partai Gerindra berencana akan menedeklarasikan Prabowo Subainto sebagai Capres 2019 pada bulan April mendatang di Jakarta. bahkan, partai pemenang ketiga Pemilu 2014 ini bakal mendatangkan kadernya diseluruh Indonesia. (Aiy/Fajar)