Gerindra: Jokowi Harus Pecat Yasonna Laoly!

5 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Permasalahan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang tidak kunjung usai seharusnya menjadi alasan kuat Presiden Joko Widodo untuk mencopot Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Habiburokhman menilai dalam beberapa bulan terakhir banyak ditemukan masalah yang terjadi di Lapas, namun kebijakan yang dikeluarkan Yasonna tidak mengurangi persoalan.

Terlebih selama menjabat, masyarakat belum mendapat kabar baik dari reformasi pengelolaan lapas.

“Kalau saya jadi Pak Jokowi, saya pecat Yasonna Laoly sekarang. Karena ini dalam beberapa bulan saja ada masalah. Kemarin ada digerebek KPK, ketahuan disidak oleh Dirjen, sekarang oleh Ombudsman,” ujar Habiburokhman saat ditemui di Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9).

Sebelumnya Ombudsman RI melakukan inspeksi ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Hasilnya Ombudsman menemukan kamar terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto lebih besar dari kamar warga binaan lainnya. Kamar Novanto itu juga berbeda saat program sebuah televisi swasta meliput kegiatan Ditjen Pemasyarakatan yang melakukan razia di Lapas Sukamiskin.

Acara tersebut melakukan wawancara dengan Novanto di sebuah kamar yang berukuran sama dengan warga binaan lain di Lapas Sukamiskin.

“Jadi mau sampai kapan, engggak ada lagi kesempatan bagi Yasonna. Menurut saya (Yasonna) sudah gagal. Beliau harus diberhentikan,” tegas Habiburokhman. [nes/rmol]